Kinerja TKSK Kabupaten Tegal Diapresiasi Dinsos: Bisa Menjadi Agen Perubahan Masalah Kesejahteraan Sosial

Kinerja TKSK Kabupaten Tegal Diapresiasi Dinsos: Bisa Menjadi Agen Perubahan Masalah Kesejahteraan Sosial

Aksi TKSK mengevakluasi lansia terlantar bersama Satpol PP Kabupaten Tegal.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Keberadaan Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) mendapatkan apresiasi Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tegal. Mereka merupakan kepanjangan tangan pemerintah yang memiliki jangkauan sangat luas hingga ke pelosok desa.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tegal Iwan Kurniawan melalui Sub Koordinasi Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial, Bambang Nurohman menyatakan, saat ini di Kabupaten Tegal terdapat 18 TKSK yang bertugas di 18 kecamatan. 

"Tidak bisa dipungkiri bahwa  keberadaan TKSK membuat permasalahan kesejahteraan sosial dan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Kabupaten Tegal dapat direspon dengan sangat cepat.," ujarnya Rabu 15 November 2023.

Menurutnya mereka ikut membantu Pemkab Tegal  dalam menurunkan angka kemiskinan. 

BACA JUGA:Banyak Keluhan soal Bansos, Dinsos Undang Kades dan Lurah Se-Kabupaten Tegal Validasi Data Kemiskinan

“Ternyata ini adalah kekuatan yang bisa kita tunjukan kepada masyarakat, bahwa ternyata sebenarnya kita bisa mengerjakan itu,” cetusnya. 

Bambang mengatakan, yang lebih membanggakan lagi, respon TKSK dalam menyelesaikan masalah kesejahteraan sosial dan PMKS. Jika ada masukan atau aduan, tidak dalam hitungan hari, namun hanya hitungan jam bahkan menit, mereka sudah mengecek langsung ke lapangan.

Pihaknya berharap TKSK bisa menjadi agen perubahan yang bisa menjadi motor penggerak dan garda terdepan dalam memberdayakan seseorang, keluarga, kelompok, maupun masyarakat yang mengalami masalah kesejahteraan sosial, supaya mampu memenuhi kebutuhannya secara mandiri. 

"Karenanya TKSK harus mampu melakukan pendataan, identifikasi, dan inventarisasi PMKS dengan tepat agar dapat mengurai dan menemukan solusi dari permasalahan sosial," ungkapnya.

BACA JUGA:Pelatihan Usaha Ekonomi Produktif 2023 Dinsos Kabupaten Tegal Rampung, 2024 Dianggarkan 600 Juta

Keberadaan TKSK, diharapkan juga dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di wilayah masing-masing. Sebab, tanpa bantuan semua pihak, khususnya masyarakat, pemerintah tidak akan mampu menyelesaikan permasalahan sosial. (adv)

Sumber: