Disperintransnaker Kabupaten Tegal Sosialisasikan Pengukuran Produktifitas Tingkat Daerah

Disperintransnaker Kabupaten Tegal Sosialisasikan Pengukuran Produktifitas Tingkat Daerah

Kabid Pelatihan Produktifitas Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi menjelaskan pentingnya pengukuran produktifitas daerah.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Disperinteransnaker Kabupaten Tegal sosialisasikan pengukuran produktifitas tingkat daerah. Ini sebagai upaya untuk mengetahui seberapa jauh hasil pelatihan selama ini terserap didunia kerja, khususnya soal produktifitas di perusahaan. 

Kepala Disperintransnaker Kabupaten Tegal Riesky Trisbiyantoro melalui  Kabid Pelatihan Produktifitas Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Sri Handayani menyatakan bahwa tujuan pengukuran produktifitas tingkat daerah ini agar para pelaku usaha dapat mengukur tingkat produktivitas usahanya.

Yakni dengan melihat efisiensi proses produksi dengan membandingkan input yang digunakan untuk memproduksi output berupa barang dan jasa.

"Produktivitas yang mereka geluti bisa memberikan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan input atau sumber daya yang dikeluarkan. Pada umumnya, pelaku usaha yang dilakukan oleh pelaku bisnis masih belum bisa menghitung secara cermat berapa produktivitas yang harus dilakukan," ujarnya Sabtu 11 November 2023.

BACA JUGA:Disperintransnaker Dongkrak Layanan UPTD Laboratorium Perindustrian Kabupaten Tegal

Menurutnya, konsep dari produktivitas adalah output dibagi input. Jika output lebih besar dari input, maka produktivitasnya tinggi. 

Begitu juga sebaliknya, jika output lebih kecil dari input berarti produktivitasnya rendah. Pihaknya mengharapkan para pelaku usaha bisa meningkatkan produktivitasnya. 

"Bagaimana nanti mereka bisa mengendalikan sumber daya yang ada agar lebih efisien dan hemat, tetapi produktivitasnya lebih tinggi. Jika perbandingan dari penggunaan sumber daya lebih rendah, maka mereka akan memperoleh hasil yang lebih tinggi dan sebaliknya. Hal ini mengingat persaingan dunia usaha yang sangat ketat sekali,” cetusnya.

Menurutnya produktivitas merupakan tenaga penggerak bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara dan pertumbuhan usaha pada tingkat perusahaan. 

BACA JUGA:Susun Rencana Strategis Pembangunan, Disperintransnaker Mengacu RPD Kabupaten Tegal 2025-2026

"Pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan usaha yang tumbuh dan berkembang dengan cepat menjadi sumber penciptaan lapangan kerj, sekaligus sumber peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat atau pekerja dan keluarganya. Dalam kaitannya dengan persaingan global, produktivitas merupakan faktor penentu dan kunci dari daya saing nasional (pada tingkat makro) dan daya saing perusahaan (pada tingkat mikro)," ungkapnya. 

Atas dasar pemikiran tersebut, maka perlu peran pemerintah dalam upaya meningkatkan produktivitas dan daya saing Indonesia melalui sistem Manajemen Peningkatan Produktivitas salah satunya melalui Pengukuran Produktivitas. (adv) 

Sumber: