Kereen! 297 Kampung KB di Brebes Dikukuhkan Pj Bupati, Sekaligus Launching Timkor OPKKB

Kereen! 297 Kampung KB di Brebes Dikukuhkan Pj Bupati, Sekaligus Launching Timkor OPKKB

Pj Bupati Brebes foto bersama usai pengukuhan 297 Kampung KB dan launching Timkor OPKKB di SDN Pepedan Kecamatan Sirampog.-Syamsul Falaq-

RADAR TEGAL - Sebanyak 297 Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) di Kabupaten Brebes resmi dikukuhkan. Pengukuhan dilaksanakan bersamaan dengan launching Tim Koordinasi Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung KB

Pelantikan dan launching Timkor OPKKB dilakukan langsung oleh Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin. Kegiatan dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, kepala dinas terkait, 17 camat dan kades serta para lurah di SDN Pepedan Kecamatan Tonjong.

Sebelum melaunching Kampung KB, Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin dan seluruh tamu undangan meninjau langsung sejumlah kegiatan yang ada di Desa Pepedan. Yakni, edukasi Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja, Bina Keluarga Lansia. 

Termasuk, pelayanan KB MKJP jenis implan yang paling mendominasi dan pilihan banyak peserta KB. Rangkaian kegiatan launching Kampung KB dan Timkor OPKKB, menjadi tupoksi Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana kota bawang.

BACA JUGA:18 Desa di Bantarkawung Jadi Sasaran Target Perluasan Kampung KB Brebes, Berikut Daftarnya

"Launching Kampung KB dan pengukuhan Timkor OPKKB, menjadi realisasi Instruksi Presiden No.3 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas bahwa Kampung KB harus setingkat Desa/Kelurahan," ungkap Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin.

Jika sebelum pengukuhan hanya setingkat dusun/ RW, lanjut Urip, setelah pengukuhan Kampung KB harapannya semakin diperluas. Tujuannya, menggenjot sekaligus menetapkan kebijakan dan mengambil langkah secara terkoordinasi dan terintegrasi. 

Terutama, sesuai tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing untuk meningkatkan kualitas keluarga. Sehingga, upaya mewujudkan terselenggaranya Kampung Keluarga Berkualitas lebih merata, maksimal dan menyeluruh.

Sementara itu, Kepala DP3AP2KB melaui Ketua Panitia sekaligus Kabid Pengendalian Penduduk Penyuluhan dan Penggerakan, Kambali menambahkan, peresmian Kampung KB menjadi puncak serangkaian kegiatan sebelumnya. Yakni, rakor penguatan KKB yang dipimpin Sekda Brebes Djoko Gunawan dan pembentukan TimKor KKB. 

BACA JUGA:DPRD Brebes Minta Pj Bupati Cabut SE Pemberlakuan Outsourcing

Pengurusnya melibatkan Kepala DP3AP2KB, Kepala Dinkes serta OPD terkait. Termasuk, camat dan kades hingga lurah di 297 desa dan kelurahan. 

"Setelah fasilitasi dan orientasi bagi pengelola website KKB dan rumah dataku. Launching KKB dan pengukuhan Timkor OPKKB bisa mendongkrak penyelengaraan Kampung KB di Kabupaten Brebes," tandasnya. (*)

Sumber: