Begini Cara Usir DC Pinjol yang Datang ke Rumah Tanpa Menyalahi Aturan

Begini Cara Usir DC Pinjol yang Datang ke Rumah Tanpa Menyalahi Aturan

Cara usir DC pinjol yang datang ke rumah tanpa menyalahi aturan -freepik-

Namun, jika mereka sudah membawa dokumen itu dengan lengkap, Anda bisa mencoba cara alternatif berikut ini untuk mengusir debt collector pinjol dari rumah. Terlebih lagi jika posisi Anda saat ini sedang tidak memiliki uang untuk melunasi cicilan.

1) Sampaikan dengan tenang dan jujur

Anda jangan langsung mengusir apalagi sampai mengusir dengan cara kasar petugas debt collector yang datang. Sampaikan dengan jujur dan tenang tentang kondisi keuangan Anda saat ini.

BACA JUGA : Ini 3 Orang yang Jadi Target DC Pinjol untuk Menagih Hutang Nasabah yang Kabur

Anda bisa meminta mereka untuk kembali lagi jika memang Anda sudah memiliki uangnya untuk melunasi. Bisa juga Anda mencoba meminta keringanan terhadap petugas. 

Entah itu penurunan suku bunga, perpanjangan tenor bayar, maupun membayar dengan metode lain seperti ditukar dengan barang berharga yang senilai.

2) Jangan rekam petugas debt collector

Cara usir DC pinjol yang datang ke rumah tanpa menyalahi aturan berikutnya yaitu jangan rekam petugas. Sebab, hal ini bisa melanggar pasal 32 UU ITE Ayat 2.

Anda bisa merekam petugas debt collector pinjol jika mereka melakukan tindak kekerasan diluar aturan. Namun, jika tidak ada tindak kekerasan, jangan sampai Anda merekam petugas apalagi sampai menyoroti wajahnya karena juga termasuk melanggar privasi.

BACA JUGA : 6 Penyebab yang Bisa Membuat Keringanan Hutang Pinjol Dicabut, Jangan Berani Curang!

Kesimpulan

Anda bisa mengusir debt collector pinjol yang datang ke rumah dengan 2 cara sederhana tadi. Mulai dari bersikap tenang dan jangan merekam petugas saat menagih hutang, kecuali ada tindak kekerasan yang dilakukan kepada Anda.

Itulah cara usir DC pinjol yang datang ke rumah tanpa menyalahi aturan yang bisa Anda lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat. (*)

Sumber: