Begini Cara Usir DC Pinjol yang Datang ke Rumah Tanpa Menyalahi Aturan

Begini Cara Usir DC Pinjol yang Datang ke Rumah Tanpa Menyalahi Aturan

Cara usir DC pinjol yang datang ke rumah tanpa menyalahi aturan -freepik-

RADAR TEGAL – Anda bisa simak cara usir DC pinjol yang datang ke rumah tanpa menyalahi aturan pada artikel kali ini. Terutama jika Anda saat ini sedang galbay cicilan pinjaman online legal yang terdaftar OJK.

Cara usir DC pinjol yang datang ke rumah tanpa menyalahi aturan ini penting untuk diketahui, agar ke depannya tidak ada masalah antara Anda dan petugas debt collector. Sebab, meski Anda galbay, Anda juga memiliki sejumlah hak untuk mengusir mereka.

Berikut di bawah cara untuk usir DC pinjol yang datang ke rumah tanpa menyalahi aturan. Sebelum itu, mari bahas terlebih dahulu tentang praktik penagihan hutang oleh DC pinjol legal OJK.

Praktik penagihan hutang DC pinjol legal OJK

Layanan pinjaman online yang terverifikasi OJK memiliki sejumlah prosedur atau praktik penagihan hutang kepada nasabah galbay. Aturan ini memang sudah ditetapkan oleh lembaga OJK sendiri.

BACA JUGA : Nasabah Galbay Bisa Digugat Pihak Pinjol? Hati-hati yang Punya Hutang Banyak!

DC pinjol legal dilarang untuk menggunakan cara-cara yang tidak beretika. Mulai dari pengancaman, teror terus menerus sampai mengganggu ketenangan nasabah, sampai cara menagih hutang langsung ke rumah.

Tahapan penagihan hutang DC pinjol saat menagih hutang juga tidak sembarangan. Awalnya, mereka akan menagih hutang terlebih dulu lewat media komunikasi.

Nasabah akan dikirimkan pesan teks atau ditelepon untuk melunasi hutang. Jika nasabah tidak kunjung melunasi atau merespon, maka DC pinjol legal akan mengirim surat peringatan bahwa mereka akan datang ke rumah pada tanggal tertentu.

Saat DC pinjol datang ke rumah menagih hutang, mereka juga harus membawa sejumlah dokumen yang menandakan mereka memang petugas debt collector resmi dari perusahaan pinjol terkait.

BACA JUGA : 5 Ancaman DC Pinjol Legal yang Tidak akan Terjadi, Cuma Mau Gertak Nasabahnya!

Dokumen ini berhak untuk dilihat oleh nasabah untuk memastikan kebenarannya. Sebab, tidak jarang ada debt collector gadungan yang datang ke rumah untuk menipu.

Cara usir DC pinjol yang datang ke rumah tanpa menyalahi aturan

DC pinjol legal yang datang ke rumah berhak untuk Anda usir jika tidak membawa dokumen-dokumen penting, seperti KTP pribadi, surat penugasan dari perusahaan pinjol, SPPI atau SP3, bukti dokumen debitur wanprestasi, dan sertifikat jaminan Fidusia.

Sumber: