Musim Hujan di Pantura Tegal Diprediksi Awal Desember Ini, Warga Diimbau Waspada Perubahan Cuaca Tiba-tiba

Musim Hujan di Pantura Tegal Diprediksi Awal Desember Ini, Warga Diimbau Waspada Perubahan Cuaca Tiba-tiba

BMKG memprediksi awal musim hujan di Pantura Tegal mulai awal Desember 2023--

RADAR TEGAL - Meski sudah mulai turun, namun awal musim hujan di Pantura Tegal dan sekitarnya masih akan terjadi mulai awal Desember 2023 nanti. Sebab, hujan yang turun belakangan ini merupakan pertanda peralihan musim atau pancaroba.

Masyarakat pun diimbau untuk mewaspadai potensi hujan lebat di Pantura Tegal saat pancaroba ini. Adapun suhu normal pada siang hari berkisar antara 25-34 derajat celcius.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Tegal Sri Nurlatifah mengatakan memang berdasarkan data BMKG, sebagian besar wilayah di Jawa Tengah telah memasuki musim hujan. Namun, musim hujan di Pantura Kota Tegal diprediksi baru akan terjadi mulai awal Desember 2023.

"Kalau menurut BMKG, sebagian wilayah di Jawa Tengah memang telah masuk musimnya. Namun, di pantura Tegal prediksinya baru awal Desember ini,"katanya.

BACA JUGA:Memasuki Musim Hujan, Petani Melon di Kabupaten Tegal Diminta Waspada 2 Hal Ini

Berbeda dengan musim hujan di Pantura Tegal, kata Sri, untuk wilayah bagian selatan seperti Guci, Bumijawa ataupun Margasari, diperkirakan pertengahan November 2023. Saat ini, memang masih berada di masa transisi.

"Kita berada di masa transisi atau masa peralihan musim. Dari kemarau ke musim hujan,"tandasnya.

Sri mengungkapkan, intensitas hujan di musim peralihan umumnya rendah. Tetapi, memang perlu diwaspadai potensi terjadinya hujan lebat.

Menurut Sri, saat ini suhu di siang hari sudah normal yakni antara 25-34 derajat celcius. Sejauh ini, suhu tertinggi yang tercatat terjadi pada 29 Oktober 2023 lalu yang mencapai 36 derajat.

BACA JUGA:Musim Hujan, Ini Daftar Derah Rawan Banjir Kabupaten Tegal Hasil Pemetaan BPBD

Sri menambahkan, pihaknya mengimbau masyarakat untuk mewaspadai pergantian cuaca yang cepat. Karena, saat ini sudah masuk ke musim peralihan. 

"Masyarakat perlu mewaspadai perubahan cuaca yang cukup cepat. Seperti, awalnya panas, tapi tiba-tiba terjadi hujan lebat disertai petir,"pungkasnya. (*)

Sumber: