Daur Ulang Sampah Plastik Jadi Meja dan Kursi, Pelajar di Tegal Diacungi Jempol Anggota DPRD

Daur Ulang Sampah Plastik Jadi Meja dan Kursi, Pelajar di Tegal Diacungi Jempol Anggota DPRD

DUDUK - Sejumlah pelajar SMP Bhakti Praja Margasari Kabupaten Tegal duduk di kursi yang berbahan limbah plastik hasil daur ulang sampah plastik. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Daur ulang sampah plastik saat ini menjadi hal yang terus digalakkan di masyarakat. Tidak hanya orang dewasa, para pelajar juga sudah mulai melakukannya.

Seperti yang dilakukan sejumlah pelajar SMP di Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal yang berhasil menyulap sampah botol plastik menjadi meja dan kursi. Mereka melakukan daur ulang sampah plastik menjadi benda yang lebih bermanfaat.

Demi melakukan daur ulang sampah plastik, para pelajar rela mengumpulkan botol plastik bekas air mineral yang diperolehnya di lingkungan sekolahnya maupun rumahnya. Kemudian sampah plastik tersebut mereka bentuk menjadi meja dan kursi yang bisa digunakan. 

Kepala SMP Bhakti Praja Margasari Nurkhikmah melalui Waka Kurikulum Nur Miftahul Janah mengungkapkan, sebenarnya karya daur ulang sampah plastik ini merupakan implementasi dari program kurikulum merdeka dengan mengacu pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

BACA JUGA:Emak-emak di Tegal Sulap Sampah Plastik Jadi Komoditas Ekspor, Pertamina Membersamai dengan Cara Ini

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anak didiknya dari kelas VII dan VIII dengan bimbingan dari beberapa fasilitator. Disebutkan, sesuai dengan dimensi pada P5, kegiatan ini mengutamakan dimensi akhlak pada alam lingkungan, gotong royong, dan kreatif.

"Caranya, siswa mengumpulkan sampah seperti bekas bungkus jajan, minuman, sabun cuci, shampoo, atau yang lainnya, lalu sampah itu dijadikan ecobrick yaitu botol plastik yang terisi potongan-potongan sampah plastik. Kemudian kita bentuk menjadi meja dan kursi," kata Nur Miftahul Janah menjelaskan.

Dengan adanya kegiatan daur ulang sampah plastik tersebut, diharapkan anak didiknya bisa menjadi bagian dari penyelamat sampah dan  dapat mendorong upaya pengelolaan sampah pada lingkungan sekitar.

Dia mengaku sangat bangga karena anak didiknya berhasil menyelamatkan limbah plastik yang dimanfaatkan menjadi objek cantik dan menarik yaitu menjadi meja dan kursi.

"Biasanya objek ini dibuat dari bahan dasar kayu. Tapi ini dari limbah plastik," imbuhnya. 

BACA JUGA:Keren Nih! Pengelolaan Sampah Plastik dan Organik Dilakukan Mandiri, Desa Ini Tak Buang ke TPA

Dipuji pimpinan DPRD Kabupaten Tegal

Hasil karya ini mengundang pujian dari Pimpinan DPRD Kabupaten Tegal KRT Sugoni Adinagoro.

Sumber: