119 Siswa TK Negeri Pembina Tarub Kunjungi SUPM Tegal, Apa Tujuannya?

119 Siswa TK Negeri Pembina Tarub Kunjungi SUPM Tegal, Apa Tujuannya?

Siswa didik TK Negeri Pembina Tarub lakukan kunjungan edukasi ke SUPM Negeri Tegal.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - TK Negeri Pembina Tarub mendadak memboyong siswa didiknya ke SUPM Negeri Tegal. Kunjungan tersebut dilaksanakan dalam rangka mendukung program Semawak (Seneng Mangan Iwak).

Kepala TK Negeri Pembina Tarub, Dwi Windi Estika Sari SPd AUD menyatakan, kunjungan ini bertujuan menambah pengetahuan anak tentang manfaat makan ikan. 

"Disini anak-anak mengetahui secara langsung cara pembuatan makanan olahan ikan. Termasuk upaya melakukan dukungan terhadap program Gemari (Gemar Makan Ikan) untuk pencegahan stunting," ujarnya Jumat 3 November 2023.

Ditegaskan, sebanyak 119 siswa didiknya sempat diajak ke tempat pengolahan ikan. 

BACA JUGA:Ingatkan soal Investasi Bodong, Bupati Tegal Sarankan Pensiunan PNS Coba Bisnis Baru

"Anak-anak mendapatkan sosialisasi dan pengetahuan dari pihak SUPM Negeri tentang pentingnya makan ikan. Di antaranya ikan mengandung Omega 3 yang dapat membantu mencerdaskan otak. Ikan juga mengandung protein dari asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung masa pertumbuhan," cetusnya.

Kemudian, sambung dia, siswa didik diajak ke dapur untuk praktik membuat makanan olahan ikan, yaitu nugget ikan dan kaki naga. 

"Anak-anak mengikuti kegiatan dengan asyik. Mereka jadi tahu bahan-bahan yang digunakan dalam membuat nugget, cara membuat adonan, sampai membentuk nugget, dan terakhir proses pengukusan. Setelah itu digoreng dan disantap bersama-sama," ungkapnya.

Pihaknya berharap melalui kegiatan ini anak didiknya yang sebelumnya  tidak suka ikan, akan mulai merasakan enaknya makan ikan. 

BACA JUGA:18.736 Bilik Pemungutan Suara Pemilu 2024 Didistribusikan, Polres Tegal Libatkan Unit Satwa K-9

"Setelah kegiatan di tempat pengelolaan ikan, anak-anak menuju ke ruang perpustakaan. Disana di sosialisasikan cara memakai pelampung untuk keselamatan di laut, praktik memakai pelampung, dan juga literasi dengan buku-buku yang terkait dengan ikan," tegasnya. (adv) 

Sumber: