Gambar Semangka Viral di Media Sosial, Ternyata Jadi Simbol Dukungan untuk Perlawanan Palestina

Gambar Semangka Viral di Media Sosial, Ternyata Jadi Simbol Dukungan untuk Perlawanan Palestina

SEMANGKA VIRAL - Gambar semangka viral di media sosial. Ini merupakan simbol dukungan terhadap perlawanan Palestina.-Tangkapan Layar-instagram.com/havekitchen

"Kami akan selalu menemukan cara menghindari larangan dan tak akan berhenti berjuang untuk kebebasan berekspresi dan demokrasi," kata Direktur Zazim (Organisasi Masyarakat Arab-Israel) Raluca Ganea.

BACA JUGA:Aksi Bela Palestina, Warga Tegal Gelar Longmarch dan Orasi Besok

Media Al Jazeera beberapa waktu lalu menyampaikan, gambar semangka sejak lama menjadi identitas perlawanan warga Palestina.

Bukan cuma gambar semangka, melainkan buah-buahan lain yang memiliki warna serupa bendera Palestina juga dijadikan simbol. 

Amal Saad, seorang warga Palestina dari Haifa yang bekerja dalam kampanye Zazim, mengatakan dukungan terus mengalir. Sedikitnya, 1.300 aktivis menjadi donatur perjuangan Zazim yang di antaranya untuk penyimpanan buah semangka atau penyebaran kaos dengan simbol semangka terbelah.

Postingan semangka marak

Postingan potongan buah semangka jadi simbol dukungan Palestina atas serangan militer Israel kian marak. Bukan saja di Palestina, melainkan juga di sejumlah negara yang menaruh keprihatinan atas konfik Palestina-Israel.

BACA JUGA:Gara-gara Donasi Rp14 Miliar ke Palestina, Akun Medsos Ustaz Adi Hidayat Diblokir Google

Gambar atau emoji buah semangka Palestina atau 'The Fruit of Palestine' yang dibelah itu mewarnai aksi perlawanan Palestina atas serangan Israel yang menelan ribuan korban jiwa.

Konflik Palestina-Israel mulai terjadi pada 7 Oktober 2023 lalu, sebagai imbas serangan Hamas. Hingga hari ini tercatat sedikitnya 7.000 warga Palestina meninggal dunia.

Termasuk di antaranya 3.000 anak dan balita, juga 17.000 lebih orang mengalami luka-luka akibat serangan Israel di Gaza. Di jejaring media sosial hastag "Free Palestine" dan "I Stand with Palestine" juga marak beredar di jutaan akun.

Sejumlah platform media sosial mulai membatasi hastag tersebut. Namun pegiat media sosial menggantinya dengan penggunaan emoji semangka, baik pada nama, story, dan postingan. (*)

Berita di atas sudah tayang di Disway.id dengan judul:

Kisah Semangka Jadi Simbol Dukungan Palestina di Media Sosial atas Invasi Israel

 

Sumber: