Soal Penentuan Besaran UMP Jateng 2024, Pj Gubernur Garansi Akan Serap Aspirasi Pengusaha dan Buruh

Soal Penentuan Besaran UMP Jateng 2024, Pj Gubernur Garansi Akan Serap Aspirasi Pengusaha dan Buruh

Pj Gubernur dan APINDO membahas UMP Jateng 2024 yang belum diketahui berapa besarannya dan kapan akan ditetapkan.-Humas Pemprov Jateng-

RADAR TEGAL - Berapa UMP Jateng 2024? Sebelum ditetapkan, Pj Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (P) Nana Sudjana menyerap aspirasi dari para pengusaha dan buruh

Setelah Oktober 2023 lalu berdiskusi dengan para buruh, Pj Gubernur Jateng menemui Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Jateng di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Rabu, 1 November 2023. Salah satu yang dibahas yakni mengenai berapa UMP Jateng 2024.  

"Saya sudah bertemu dengan perwakilan rekan-rekan buruh. Kami dengar dan tampung aspirasi buruh soal upah minimum. Nah sekarang bertemu perwakilan pengusaha untuk mendengarkan masukan dari pengusaha," kata Nana.  

Sebab, pembahasan UMP selalu menjadi daya tarik setiap menjelang akhir tahun. Dengan begitu, menjaring aspirasi dan masukan dari pihak-pihak yang terlibat sudah menjadi tradisi Pemprov Jateng sebelum membahas dan menetapkan berapa besar UMP Jateng 2024. 

BACA JUGA:10 Program Prioritas Pj Gubernur untuk Tuntaskan PR Pemprov Jateng, Nomer 3 Paling Disorot

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Ahmad Aziz menjelaskan, formula UMP dibahas oleh dewan pengupahan provinsi atau lembaga tripartit. Lebaga tersebut terdiri atas pemerintah provinsi, serikat buruh atau pekerja, dan perwakilan pengusaha. 

Dikatakan dia, pembahasan UMP sejauh ini masih menunggu aturan pasti yang diterbitkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi. 

"Rancangan aturan sudah disiapkan oleh kementerian. Sudah diuji publik, mungkin dalam pekan-pekan ini sudah akan keluar formula untuk menghitung upah minimum," jelas Azis.

Sementara itu, Ketua DPP APINDO Provinsi Jawa Tengah, Frans Kongi mengatakan, selama ini para pengusaha yang tergabung dalam APINDO berkomitmen untuk menjaga hubungan industrial yang baik di Jawa Tengah. 

BACA JUGA:Kereen! Forum Genre Jateng Juara 2 Adujaknas Genre 2023 BKKBN, Sekda: Mereka Mitra Kita

Hubungan itu, baik antara pengusaha dengan pekerja maupun pengusaha dengan pemerintah. "Jadi soal upah minimum ini juga kami bicarakan,” kata dia. 

Frans Kongi menambahkan, pihaknya sebagai pengusaha berkomitmen untuk menjadikan buruh sebagai mitra. Selain itu, juga akan memperhatikan dan mengikuti aturan dari pemerintah.  (*)

Sumber: