Jangan sampai Salah Perlakuan, Ini 5 Jenis Kulit Wajah dan Cara Gampang untuk Mengetahuinya

Jangan sampai Salah Perlakuan, Ini 5 Jenis Kulit Wajah dan Cara Gampang untuk Mengetahuinya

Jenis Kulit Wajah--

BACA JUGA: Ketahui 5 Manfaat Lidah Budaya untuk Kulit Wajah, Benarkah Bisa Mencerahkan?

Jenis kulit wajah kombinasi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti genetik serta perubahan hormon selama masa pubertas.

5. Kulit Wajah Sensitif

Kulit sensitif adalah jenis kulit wajah yang sangat peka dan mudah mengalami iritasi, seperti kulit mengelupas, terasa perih dan gatal, kering, serta kemerahan. Kondisi ini biasanya dapat dipicu oleh makanan yang dikonsumsi, faktor lingkungan, atau penggunaan produk kosmetik tertentu.

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Terdapat sejumlah cara mengenali jenis kulit wajah yang bisa dilakukan dengan mudah, mulai dari memperhatikan tekstur kulit, menggunakan tisu, tape test, dan lain sebagainya. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Memperhatikan Tekstur Kulit Wajah

Cara mengetahui jenis kulit wajah yang pertama adalah dengan memperhatikan tekstur kulit wajah sepanjang hari. Cara ini dapat dilakukan dengan membersihkan wajah di pagi hari. Keringkan kulit wajah dengan tisu atau handuk bersih, lalu diamkan kulit sepanjang hari tanpa menggunakan produk perawatan kulit apapun.

Setelah itu, perhatikanlah tekstur kulit di penghujung hari untuk mengetahui tipe kulit wajah. Hal tersebut dapat dilihat melalui beberapa faktor, yaitu:

Kulit normal akan terasa lembut, tidak kering dan berminyak, serta tidak terdapat gejala iritasi.

Kulit berminyak akan terasa lengket, terlihat berkilau basah, dan mengilap, serta pori-pori kulit terlihat besar dan jelas.

Kulit kering akan terlihat kencang, mengelupas, pori-pori mudah terlihat karena kelembapan kulit rendah, dan permukaan terasa kasar saat disentuh.

Kulit kombinasi akan terlihat berminyak di sekitar hidung, dahi, dan dagu, namun kulit di area pipi terasa kering.

Kulit sensitif akan terasa gatal, perih, kemerahan, dan meradang.

2. Menggunakan Tisu atau Kertas Minyak

Sumber: