Jangan sampai Salah Perlakuan, Ini 5 Jenis Kulit Wajah dan Cara Gampang untuk Mengetahuinya

Jangan sampai Salah Perlakuan, Ini 5 Jenis Kulit Wajah dan Cara Gampang untuk Mengetahuinya

Jenis Kulit Wajah--

RADAR TEGAL - Sangat penting bagi setiap orang melakukan perawatan kulit wajah agar tetap sehat. Namun ternyata ada beberapa jenis kulit yang ada pada wajah setiap manusia. 

Dalam artikel ini kami akan memberikan jenis kulit wajah dan juga cara mengetahui jenisnya. Oleh karena itu jika Anda penasaran bisa simak artikel ini ya.

Jenis kulit ditentukan dengan beberapa faktor yang ada, antara lain dari genetik, perubahan hormon, hingga pola makan. Karena itu setiap manusia mempunyai salah satu jenis kulit wajah ini.

Berikut jenis-jenis kulit wajah yang dapat Anda simak dibawah ini.

BACA JUGA: Cara Membuat Masker Susu yang Alami dan Kenali Manfaatnya untuk Kulit Wajah

5 Jenis Kulit Wajah

1. Kulit Wajah Normal

Kulit wajah normal merupakan jenis kulit yang memiliki keseimbangan antara minyak alami (sebum) dan kandungan air pada kulit wajah. Tipe kulit wajah ini biasanya jarang mengalami masalah kulit, seperti jerawat atau komedo, sehingga perawatannya cenderung lebih mudah.

2. Kulit Wajah Berminyak

Kulit wajah berminyak adalah tipe kulit wajah yang cenderung licin dan terlihat mengilap akibat produksi sebum atau minyak berlebih oleh kelenjar sebaceous. Sebetulnya, sebum tersebut berfungsi untuk melindungi serta melembapkan kulit. Namun, jika terdapat produksi sebum secara berlebihan, hal tersebut justru berisiko menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga rentan menimbulkan jerawat.

3. Kulit Wajah Kering

Kulit kering merupakan jenis kulit wajah yang ditandai dengan rendahnya tingkat kelembapan dan elastisitas kulit. Kondisi ini biasanya menyebabkan kulit tampak kusam, kasar, dan mudah pecah-pecah. Tipe kulit wajah kering juga cenderung lebih mudah mengalami iritasi yang ditandai dengan rasa gatal, bersisik, serta kulit kemerahan.

4. Kulit Wajah Kombinasi

Kulit wajah kombinasi merupakan perpaduan antara kulit kering dan kulit berminyak. Umumnya, seseorang yang memiliki tipe kulit wajah ini akan memiliki kulit berminyak di area zona T, yaitu dahi, hidung, dan dagu, serta kulit kering di area sekitar pipi.

Sumber: