Jangan Keliru, Ternyata Ini Ciri-Ciri Kampas Kopling Motor Sudah Habis

Jangan Keliru, Ternyata Ini Ciri-Ciri Kampas Kopling Motor Sudah Habis

Kampas kopling motor habis | Foto: iNews--

RADAR TEGAL – Kendaraan bermotor mempunyai jenis dan tipe yang berbeda-beda, salah satunya motor kopling. Berikut ini ciri-ciri kampas kopling motor sudah habis. 

Motor kopling diketahui memiliki beberapa komponen spesifik yang berfungsi untuk menunjang kinerja supaya bisa memberikan performa yang prima. Salah satu komponen tersebut yakni kampas kopling.

Kampas kopling sendiri mempunyai peran yang sangat penting dalam kendaraan yakni berfungsi sebagai pemutus dan penyalur tenaga putaran mesin dari poros engkol atau secara sederhana sebagai penyalur tenaga dari mesin ke transmisi. Jadi, apabila kampas kopling habis maka tenaga yang disalurkannya pun tidak akan maksimal, ya.

Seperti komponen mesin lainnya, setiap benda juga memiliki ketahanan dan usia pakai. Dalam buku pedoman milik kendaraan kampas kompling disarankan untuk dilakukan pemeriksaan setiap 1.2000 km atau 12 bulan.

Hal ini bertujuan untuk mempertahankan performa mesin dan mengetahui kondisi dari kampas  kopling. Apakah kampas kopling sudah mulai habis atau masih dalam kondisi yang baik, karena gaya berkendara sangat memengaruhi umur dari kampas kopling.

Karena, pada saat kondisi kampas kopling mulai menipis atau sudah aus maka akan menimbulkan beberapa gelaja ataupun ciri-ciri yang bisa dirasakan langsung oleh pengendara sepeda motor. Melansir dari Momotor.id, berikut ciri-ciri kampas kopling motor habis.

BACA JUGA: Kenali Tanda Kampas Rem Mobil Habis, Hati-hati Bisa Ancam Keselamatan Berkendara Anda

Ciri-Ciri Kampas Kopling Motor Habis

1. Selip Kopling

Tahukah Anda bahwa kampas kopling yang sudah aus atau habis  bisa menyebabkan sulitnya perpindahan transmisi sehingga sering mengalami selip.

Misalnya saja ketika Anda sulit memindahkan gigi ke posisi netral, hal ini bisa menjadi  salah satu indikasi bahwa kampas kopling sudah habis atau aus.

Adapun hal lainnya yang bisa Anda rasakan yakni ketika ingin melakukan perpindahan gear entah ingin akselerasi ataupun deselarsi sering mengalami selip atau mesin kehilangan tenaga.

Hal tersebut terjadi, karena berkurangnya daya cengkram kampas pada  alat gesek.

BACA JUGA: Resiko Fatal Akibat Telat Ganti Kampas Rem Motor yang Aus, Bisa Merusak Piringan Rem?

2. Akselerasi Mesin Melemah

Ciri selanjutnya ketika kampas kopling sudah aus atau habis yakni tenaga yang disalurkan dari mesin tidak akan tersalur secara maksimal.

Hal ini akan menyebabkan mesin motor terasa tidak responsif di setiap posisi gear. Jadi, tenaga motor akan jauh terasa tidak bertenaga saat berada di  putaran mesin awal.

3. Mesin Cepat Panas

Ciri berikutnya ketika kampas kopling motor sudah mau habis yakni mesin akan terasa lebih cepat panas. Hal ini terjadi karena hilangnya daya cengkram kampas pada alat gesek sehingga membuat kedua komponen tersebut lebih sering bergesekan dan menimbulkan panas.

Tidak hanya itu, panas tersebut juga bisa ditimbulkan oleh mesin yang bekerja di RPM tinggi. Misalnya saja ketika sepeda motor dalam kondisi normal  hanya dengan 5000 RPM untuk mencapai kecepatan 100Km/jam.

Sedangkan ketika keadaan kampas sudah mulai aus,  mesin harus berputar di angka 8000RPM untuk bisa mencapai kecepatan yang sama.

BACA JUGA: Jangan Dibiarkan, Ini Resiko Kampas Rem Habis Tidak Langsung Diganti

4. Perpindahan Gigi Sulit

Tahukah Anda bahwa perpindahan gigi sulit juga bisa menjadi salah satu ciri bahwa kampas kopling pada motor Anda sudah habis atau aus, lho.

Hal ini karena,  apabila kampas kopling habis maka akan membuat perpindahan perseneling ketika penambahan gigi sedikit lebih sulit.

Adapun hal untuk menyiasati hal ini bisa Anda lakukan denan memainkan gas ketika berganti gigi atau mengganti kampas kopling.

BACA JUGA: Tips Agar Kampas Kopling Toyota Rush Tidak Cepat Habis, Solusi Hemat Perawatan Mobil Kesayangan

5. Mesin Kasar Ketika Kecepatan Tinggi

Ketika Anda melakukan akselerasi tinggi namun mesin terasa sangat kasar. Hal ini disebabkan oleh kampas kopling yang sudah benar-benar habis dan hanya menyisakan plat saja.

Jadi, apabila tidak segera diganti hal ini akan membahayakan komponen lainnya  yang bisa berpotensi menjadi rusak.

Biasanya, kompenen yang rusak meliputi fly wheel karena bergesekan langsung dengan plat kampas kopling.

BACA JUGA: 7 Ciri-ciri Motor Injeksi Rusak, Hati-hati jika Sering Mati Mendadak

Demikian ulasan mengenai kampas kopling motor habis. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: