Jangan Dibiarkan, Ini Resiko Kampas Rem Habis Tidak Langsung Diganti

Jangan Dibiarkan, Ini Resiko Kampas Rem Habis Tidak Langsung Diganti

Kampas rem motor.--

RADAR TEGAL – Kampas rem motor baik itu depan ataupun belakang, dapat dianggap sebagai salah satu komponen vital yang harus Anda pehatikan kondisinya. Berikut ini, resiko kampas habis tidak langsung diganti.

Tahukah Anda bahwa usia pemakaian kapas rem dapat dikatakan tentatif, lho. Alias tergantung pada pola berkendara masing-masing penggunanya.

Namun, menurut anjuran dari pabrik,  jarak yang disaankan yakni sekitar 10.000 kilometer.

Jadi, ketika kampas rem sudah mencapai batas usia pemakaian, maka pengguna disarankan untuk segera menggantinya.

Apabila  hal tersebut tidak dilakukan, maka Anda akan mendapai berbagai risiko kerusakan yang sangat mungkin terjadi.

BACA JUGA: Pecinta Otomotif Harus Tahu, Ini 5 Kekurangan dan Kelebihan Kawasaki Ninja 250 Fi

Melansir dari otomotif.kompas.com, berikut penjalasannya.

Kepala bengkel AHASS 88 Tangerang, Anto Hananto membagikan beberapa kerusakan yang dapat terjadi apabila pengendara tidak peka dan terlambat untuk mengganti kampas rem.

Adapun satu kerusakan pertama dan sangat sering terjadi yakni piringan cakram motor lecet.

Hal ini karena terdapat efek bergesekan dnegan kampas yang sudah habis, namun masih digunakan unutk mengerem.

“Kalau sudah bunyi gresek-gresek waktu dipakai ngerem, ada bunyi kasar gitu, tandanya kampas rem sudah habis. Kalau dipaksa ngerem, cakram bisa lecet,” ucapnya kepada Kompas.com di Tangerang, pekan lalu.

BACA JUGA: Ramai Dibahas, Keluhan Pengguna Daihatsu Terios Jadi Hot Topik di Forum Otomotif, Terutama Masalah Mesin

Tidak hanya cakram, keadaan yang bisa terjadi yakni piston lock, alias roda terkunci mendadak dan tidak dapat terbuka. Hal ini karena, sistem pengereman mengalami overheating.

Overheating ini terjadi karena kampas sudah habis tidak bisa meredam panaspada saat motor direm.

Hal tersbeut mengakibatkan piston yang bertugas membuka dan menutup rem terkunci.

 “Ini yang paling bahaya, soalnya kalau motor dipakai jalan terus kena piston lock, bisa munting (terpelanting). Soalnya kan rodanya kekunci,” kata Anto.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, Anto menganjurkan para  pengendara motor supaya lebih peka dengan kondisi kampas rem.

Adapun satu indikator rem sudah mulai habis ini bisa diidentifikasi yakni suara kasar muncul pada saat motor direm.

Nah,  apabila hal tersebut terjadi, maka sebaiknya Anda segera mengganti kampas rem motor. Jangan sampai motor Anda macet ditengah jalan, karena rodanya tidak mau bergerak.

BACA JUGA: Banyak Keunggulan Wuling Confero yang Akan Menjadi Idaman Pecinta Otomotif Di Indonesia, Cek Selengkapnya

Demikian ulasan mengenai resiko kampas rem habis tidak diganti. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: