Mau Harta yang Berlimpah dan Berkah, Ini 5 Amalan Pembuka Pintu Rezeki Sesuai Tuntunan Alquran

Mau Harta yang Berlimpah dan Berkah, Ini 5 Amalan Pembuka Pintu Rezeki Sesuai Tuntunan Alquran

Amalan Pembuka Rezeki--

RADAR TEGAL – Seperti yang Anda ketahui bahwa rezeki manusia di dunia telah diatur oleh Allah Swt. Meskipun begitu, manusia harus tetap berikhtiar, salah satunya dengan mengerjakan amalan pembuka rezeki.

Melansir dari detik.com, dalam Islam rezeki setiap makhluk di dunia ini telah dijamin oleh Allah Swt. Sebagaimana dalam sabda-Nya dalam al-qur’an surah Hud ayat 6 yang artinya:

“Tidak satu pun hewan yang bergerak di atas bumi melainkan dijamin rezekinya oleh Allah. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuz).” (QS Hud: 6)

Terdapat sejumlah amalan pembuka rezeki yang bisa Anda kerjakan, sebagaimana yang dikatakan oleh para ulama, salah satunya yakni dengan melaksanakan salat Dhuha.

Selain salat Dhuha, adakah amalan lainnya yang bisa membuka pintu rezeki? Berikut penjelasannya.

BACA JUGA: Ustadz Adi Hidayat Ungkap Doa Pendek Agar Hutang Lunas, Amalkan Sebelum Tidur

5 amalan pembuka rezeki sesuai tuntunan Alquran

1. Melaksanakan Salat Dhuha

Dalam buku 7 Amalan Penarik Rezeki, Mudammad Syafi’ie el-Bantanie menyebut bahwa salah satu amalan pembuka rezeki yakni salat Dhuha.

Dalam sebuah hadist qudsi Allah Swt berfirman:

"Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (salat Dhuha), niscaya akan Aku cukupkan kebutuhanmu pada hari akhirnya." (HR Imam Al-Hakim dan ath-Thabrani)

Jadi, orang yang rajin melaksanakan salat Dhuha dalam menjalani kehidupannya akan bersikap apa adanya.

Dia akan merasa puas dengan apa yang diterimanya. Akan tetapi, Dia bukanlah orang yang pesimis tidak berbuat apa-apa.

Salat Dhuha ini bisa Anda kerjakan setelah matahari  terbit hingga menjelang sebelum waktu Zuhur, sekitar 15 menit sebelumnya.

BACA JUGA: Buya Yahya Ungkap Doa Agar Utang Lunas, Amalkan Setiap Hari Hutang akan Rontok dengan Cepat

2. Memperbanyak Istighfar

Amalan pembuka rezeki berikutnya  yakni dengan memperbanyak istigfar. Menurut Muhammad Ainur Rasyid dalam buku Kaya Total dengan Ayat Kursi, menyebutkan bahwa dengan memperbanyak istigfar dan bertaubat menjadi salah satu amalan pembuka pintu rezeki.

Istigfar dan taubat sendiri termasuk salah satu penyebab yang mendatangkan atau melapangkan rezeki seseorang.

Hal tersebut juga sudah dijelaskan oleh Allah Swt melalui firmannya dalam surah  Nuh ayat 10 – 12, yang artinya:

"Lalu, aku berkata (kepada mereka), "Mohonlah ampun kepada Tuhanmu. Sesungguhnya Dia Maha Pengampun. (Jika kamu memohon ampun,) niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepada memperbanyak harta dan anak-anakmu, serta mengadakan kebun-kebun dan sungai untukmu." (QS Nuh: 10-12)

Lebih lanjut, dengan membaca istigfar maka aliran rezeki yang terhambat bisa mengalir kembali. Selain bertujuan menghilangkan kesalahan yang telah diperbuat, istigfar juga bisa berhubungan dengan rezeki dan urusan hidup lainnya.

Rasulullah SAW bersabda,

 "Barang siapa memperbanyak istighfar, maka Allah akan melapangkan setiap kesusahan, memberi jalan keluar setiap kesusahan, memberi jalan keluar setiap kesukaran, dan rezeki tanpa diduga-duga." (HR Abu Dawud dan Nasa'i)

BACA JUGA: Intip Mitos Kejatuhan Cicak Beserta Doanya

3. Membaca Surah Al-Waqi’ah

Selain salat Dhuha, amalan lainnya yang bisa menarik rezeki yakni dengan beristiqamah membaca surah Al-Waqi’ah.

Selain dibaca, Anda sebagai umat muslim juga harus memahami makna yang terkandung di dalamnya.

Abdullah bin Mas’ud meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

 "Barang siapa yang membaca surah al-Waqi'ah setiap malam, ia tidak akan mengalami kefakiran." (HR Baihaqi)

BACA JUGA: Info Doa Akhir Tahun dan Doa Awal Tahun 1 Muharram 1445 H: Amalkan Seusai Shalat Asar

4. Menjaga Silaturahmi

Dalam umat Islam , diajarkan untuk selalu menjaga hubungan silaturahmi antar sesamanya. Hal ini  sebagaimana dijelaskan oleh Mohammad Mufid dalam buku “Inilah jalan yang Lurus, Jalan Hidup Nikmat Dunia-Akhirat’ bahwa kesempurnaan iman seorang hamba ditentukan tidak hanya baiknya hubungan dengan Allah SWT melainkan dengan sesamanya.

Adapun dalam sebuah hadist dikatakan bahwa silaturahmi juga menjadi sebab dibukakannya pintu rezeki. Nabi Muhammad SAW bersabda.

 "Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi." (HR Bukhari)

BACA JUGA: 5 Amalan pada Malam Lailatul Qadar

5. Memperbanyak Sedekah

Mengeluarkan sedekah tidak akan membuat seseorang miskin. Bahkan sedekah menjadi salah satu amalan yang bisa membuka pintu rezeki.

Mengutip dari buku “he Ultimate Power of Shalat Dhuha karya Zezen Zainal Alim” dikatakan bahwa memperbanyak sedekah akan mengundang rahmat dan membuka pintu rezeki.

Rasulullah SAW bersabda kepada Zubair bin Awwam, "Hai Zubair, ketahuilah bahwa kunci rezeki hamba itu di atas Arasy, yang dikirim oleh Allah azza wajalla kepada setiap hamba sekedar nafkahnya. Maka siapa yang memperbanyak sedekah kepada orang lain, niscaya Allah SWT memperbanyak baginya. Dan siapa yang menyedikitkan, niscaya Allah SWT menyedikitkan baginya." (HR Daruquthni dari Anas RA)

BACA JUGA: Jelang Malam 1 Suro, Inilah Amalan yang Bisa Menghapus Dosa Masa Lalu dan Masa yang Akan Datang

Demikian ulasan mengenai amalan pembuka pintu rezeki. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: