Gen-Z Dominasi DPT Pemilu 2024, Pemprov Jateng Genjot Partisipasi Pemilih Pemula

Gen-Z Dominasi DPT Pemilu 2024, Pemprov Jateng Genjot Partisipasi Pemilih Pemula

Pj Gubernur Jateng menyatakan Pemprov genjot partisipasi pemilih pemula karena Gen-Z dominasi DPT Pemilu 2024.-Humas Pemprov Jateng-

RADAR TEGAL – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah gencar melakukan sosialisasi kepada pemilih pemula agar menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024. Sebab, generasi Z dan milenial yang saat ini rentang usianya 17-39 tahun, mendominsi daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024. 

“Makanya kami akan terus mensosialisasikan," kata Pj Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (P) Nana Sudjana usai menghadiri Peringatan Sumpah Pemuda ke-95 di Alun-alun Kabupaten Banjarnegara, Sabtu, 28 Oktober 2023. 

Dikatakan, sosialisasi itu perlu terus dilakukan agar para pemilih pemula itu mendapat edukasi politik yang benar. Dengan edukasi yang benar, para pemilih pemula diharapkan tidak terjebak pada fanatisme, termakan berita hoaks, dan terpancing ujaran kebencian. 

Apalagi, dibeberkan Nana, setiap perhelatan pemilu seringkali muncul di media sosial mengenai informasi hoaks, hate speech, berita kebencian, dan lainnya. 

BACA JUGA:Mahasiswa Diajak Aktif Kawal Pemilu 2024, Pj Gubernur Jateng: Ayo Jernihkan Informasi Hoaks

BACA JUGA:Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Tegal Ajak Pemilih Cerdas dengan Gandeng LPPL Slawi FM

“Jadi di situ provokasi-provokasi itu pasti ada," tuturnya.

Ditambahkan dia, edukasi politik yang benar, selain bisa mencegah para pemilih pemula dari terbawa arus yang tidak baik, juga sekaligus meningkatkan kesadaran mereka untuk menggunakan hak suaranya. 

Menurut Nana, membangun kesadaran untuk menggunakan hak pilih  sangat penting. Sebab, salah satu indikator kesuksesan penyelenggaraan pesta demokrasi adalah tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam memberikan suaranya. (*)

Sumber: