Kereen! Warga Binaan Lapas Brebes Akan Difasilitasi Perpusling, Dinarpusda: Tingkatkan Minat Baca

Kereen! Warga Binaan Lapas Brebes Akan Difasilitasi Perpusling, Dinarpusda: Tingkatkan Minat Baca

Kalapas dan pejabat struktural kompak foto bersama Sekdin Arpusda usai penandatanganan Perpusling Goes To Lapas.-Syamsul Falaq-

RADAR TEGAL - Warga binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Brebes, akan segera mendapatkan fasilitas perpustakaan keliling (Perpusling). Tujuannya, untuk meningkatkan literasi sekaligus memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan mereka. 

Komitmen tersebut diwujudkan dengan perjanjian kerjasama antara Lapas Kelas II B Brebes dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Brebes, Kamis 26 Oktober 2023. Penandatanganan kerjasama berlangsung di Kantor Dinarpusda untuk mewujudkan Perpustakaan Goes to Lapas.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Brebes melalui Sekretaris Dinas Hendri Adi Komara menjelaskan, inovasi layanan Perpusling Goes to Lapas bertujuan meningkatkan wawasan dan pengetahuan warga binaan. Harapannya, memberikan manfaat sebagai bekal setelah membaca semua literasi.

"Sesuai dengan inovasi perpustakaan, Perpusling Goes To Lapas akan difasilitasi mobil perpustakaan keliling bagi semua warga binaan lapas secara terjadwal berkala," ungkapnya.

BACA JUGA:Realisasi Capaian PBB-P2 40 Desa di Brebes Masih Kurang dari 50 Persen, Bapenda Segera Lakukan Ini

BACA JUGA:Dua Titik Saluran di Perkotaan Dinormalisasi, Anggota DPRD Brebes: Ini Sifatnya Mendesak!

Melalui sinergitas dan kerjasama tersebut, lanjut Hendri, semoga lebih meningkatkan minat baca bagi warga binaan lapas. Dengan begitu, semua warga binaan mendapatkan haknya untuk memperluas wawasan dan pengetahuan. Termasuk, memilih literasi yang diinginkan sesuai kebutuhan sebagai bekal ke depannya.

Sementara itu, Kepala Lapas Brebes Isnawan didampingi pejabat struktural menambahkan, upaya mewujudkan Perpusling Goes To Lapas menjadi komitmen kolaborasi lintas sektoral. Yakni, menggandeng Dinas Arpusda untuk memberikan hak literasi dan membaca bagi warga binaan lapas. 

Terlebih, dengan menumbuhkan kebiasaan baik lewat membaca harapannya bisa menjadi budaya baik setelah keluar dari lapas.

"Kami sampaikan terima kasih, karena selain difasilitasi Perpusling. WBP juga diberi hak meminjam dan penyediaan berbagai buku bacaan dari Dinas Arpusda. Semoga, kerjasama ini memberi manfaat bagi semua," pungkasnya. (*)

Sumber: