Bagaimana Mencerahkan Kulit Secara Alami? Mudah dan Efektif, Ini Caranya

Bagaimana Mencerahkan Kulit Secara Alami? Mudah dan Efektif, Ini Caranya

Cara Mencerahkan Kulit | Foto: Jovee--

RADAR TEGAL – Memiliki kulit cerah, sehat, dan bersih mungkin dambaan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia khususnya perempuan bukan? Berikut cara memutihkan tubuh secara alami.

Menginginkan tubuh putih dan cerah bukan melulu mengenai perawatan yang mahal. Sebab, kini terdapat beberapa cara mencerahkan kulit secara alami  yang bisa Anda coba.

Salah satunya yakni dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh dnegan air putih supaya kulit tetap terhindrasi dengan baik.

Dengan begitu, kelembapan kulit pun akan tetap terjaga dan membuat kulit Anda menjadi lebih lembut dan cerah.

BACA JUGA: Ketahui 5 Cara Memutihkan Tubuh secara Mudah dan Efektif, Benarkan Stres bisa Mempengaruhi Kondisi Kulit?

Cara Mencerahkan Kulit secara Alami

1. Kendalikan Stres

Tahukah Anda, Stres ternyata bisa menjadi salah satu cara mencerahkan kulit secara alami, lho. Diketahui, stres bisa menyebabkan peningkatan hormon kortisol,  yang mana hormon tersebut berpengaruh terhdap aliran darah ke kulit.

Oleh karena itu, apabila Anda mnegalami stres belrebih, maka bukan tidak mungkin kulit Anda akan tempak kusam, kering, bahkan timbul jerawat.

2. Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh Anda

Cara mencerahkan tubuh secara alami berikutnya yakni dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh Anda. Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, maka tidak hanya bisa membantu tubuh Anda terhindar dari dehidasi.

Namun juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Karena, apabila tubuh mendapatkan cairan yang cukup, maka kolagen dan kelembapan kulit pun akan tetap terjaga.

BACA JUGA: Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Kulit Jeruk untuk Kecantikan Secara Alami

3. Konsusmsi Makanan Sehat dan Bergizi

Cara berikutnya untuk bisa memiliki kulit cerah yakni dengan mengurangi asupan makanan olahan dan makanan asin. Sebab, kedua jenis makanan tersebut bisa meningkatkan risiko pembengkakan jaringan melalui retensi cairan sehingga bisa menghambat refleksi cahaya alami kulit.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengonsumsi vitami C yang diklaim bisa menjadi salah satu tips mencerahkan kulit secara alami yang cukup efektif. Adapun manfaat vitamin C bagi kulit meliputi; bisa membantu pencegahan kerusakan kulit, menunda penuaan dini, mengurangi keriput, dan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

4. Rutin Membersihkan Wajah

Dengan rutin membersihkan wajah setelah beraktivitas di luar rumah atau setidaknya 2 kali sehari yakni pagi dan malam hari, maka bisa mencerahkan kulit Anda. Membersihkan wajah secara rutin akan membantu menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit yang dapat menyebabkan wajah kusam hingga berjerawat.

Usahakan memilih sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit. Misalnya, gunakan pembersih wajah yang terdapat kandungan melembapkan apabila Anda memiliki jenis kulit kering.

BACA JUGA: Tanpa Skincare Mahal, 5 Daun Ini Cocok untuk Perawatan Kecantikan, Dijamin Wajah Kalian Sehat dan Cantik

5. Tidur yang Cukup

Tahukah Anda bahwa mengurangi kebiasaan buruk seperti begadang juga bisa membantu Anda dalam memperoleh kulit sehat dan cerah, lho. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki tidur yang cukup setidaknya 7 jam per hari supaya bisa membantu pembentukan kolagen.

Sebab, dengan tidur yang cukup bisa melancarkan aliran darah sehingga kulit akan menddapatkan nutrisi dengan optimal.

6. Rutin Olahraga

Oleharaga juga dikatakan sebagai salah satu cara mencerahkan kulit secara alami, karena bisa menngkatkan kemampuan jantung dalam memompa  darah. Dengan begitu, aliran kulit Anda akan menerima asupan nutrisi dan oksigen dengan baik dan membuat kulit Anda menjadi lebih cerah dan sehat.

Demikian ulasan mengenai cara mencerahkan tubuh secara alami. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: