Masa Depan Pembelajaran dan Pengajaran: Perubahan Besar di Masa Depan dalam Dunia Pendidikan

Masa Depan Pembelajaran dan Pengajaran: Perubahan Besar di Masa Depan dalam Dunia Pendidikan

PENULIS: Rahmad Agung Nugraha, Dosen Pascasarjana Magister Pedagogi Universitas Pancasakti Tegal. --radartegal.disway.id

Untuk memaksimalkan potensi kemajuan individu, beberapa elemen pembelajaran yang dipimpin guru akan tetap ada, yang akan menambah praktik pembelajaran tradisional bila dikombinasikan dengan media digital online.

Ruang kelas mulai sekarang lebih fokus pada kombinasi keterlibatan siswa dalam pembelajaran, pendekatan berbasis inkuiri, rasa ingin tahu, imajinasi, dan pemikiran desain.

4. Menguji pengujian

Penilaian hanya membuang-buang waktu jika tujuannya semata-mata untuk menunjukkan siapa yang paling memiliki kelebihan dan siapa saja yang memiliki kekurangan. Penilaian di masa depan akan didasarkan pada bukti, dengan menggunakan langkah-langkah yang memungkinkan rencana pembelajaran yang disusun dan dipersonalisasi.

Harapan kurikulum merdeka ini menginginkan masyarakat di mana setiap orang mampu melakukan pekerjaan dan elemen-elemennya dengan kompeten. Apakah ujian yang selama kita lakukan ini  benar-benar mempersiapkan Pendidikan kita untuk masa depan????

Kurikulum pengajaran dan pembelajaran telah meluas melampaui ruang kelas dan akan terus berlanjut, dan seiring dengan perubahan pendidikan untuk memenuhi kebutuhan masa depan, peran guru juga harus beradaptasi dan berkembang. 

Mengingat adanya pergeseran menuju pengalaman pembelajar yang lebih personal, guru masa depan harus siap menjadi pengumpul data, serta sebagai analis, perencana, kolaborator, ahli kurikulum, penyintesis, pemecah masalah, dan peneliti.  

Salam Pedagogi... (adv)

Oleh: Rahmad Agung Nugraha 

Dosen Pascasarjana Magister Pedagogi 

Universitas Pancasakti Tegal 

Sumber: