Masuk Musim Pancaroba, Masyarakat Diminta Waspada Dua Penyakit Ini

Masuk Musim Pancaroba, Masyarakat Diminta Waspada Dua Penyakit Ini

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes Ineke Tru Sulistyowati.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Saat ini, cuaca di Kabupaten Brebes mulai masuk musim pancaroba dari musim kemarau ke musim penghujan. Karenanya, masyarakat diminta mewaspadai dua penyakit yang sering menyerang saat musim pancaroba.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes Ineke Tru Sulistyowati mengatakan, ada dua penyakit yang sering menyerang saat musim pancaroba seperti saat ini. Keduanya yakni, penyakit Inspeksi Saluran Pernapasan (ISPA) dan Demam Berdarah Dengue (DBD).

"Dua penyakit itu memang sering menyerang saat masuk musim pancaroba seperti saat ini," ujarnya, Selasa 25 Oktober 2023.

Karenanya, masuk ke musim pancaroba Ineke meminta masyarakat untuk menjaga daya tahan tubuh. Terutama dalam mengonsumsi makanan yang sehat serta beristirahat dengan cukup agar tubuh tetap sehat meskipun cuaca saat ini berubah-ubah.

BACA JUGA:Waspada Penyakit Tidak Menular, Anggota DPRD Minta Warga untuk Lakukan Hal ini

BACA JUGA:6 Manfaat Jeruk Nipis yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Efektif Turunkan Risiko Penyakit Kanker

"Jangan lupa juga biasakan berolahraga dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)," jelasnya.

Seperti diketahui, pancaroba merupakan sebuah musim yang merupakan masa peralihan di antara dua musim utama di daerah iklim muson. Yaitu iklim di antara musim penghujan serta musim kemarau.

Saat musim penghujan, lanjut Ineke, masyarkaat diminta untuk menjaga kebersihan lingkungan. Pasalnya, penyakit DBD sering menyerang masyarakat di musim penghujan.

"Karenanya, kami mengimbau juga kepada masyarakat agar sering menguras bak mandi dan menutup genangan air. Sebab, nyamuk sering hinggap di genangan air yang terbuka," pungkasnya.(*)

Sumber: