Jangan Gegabah, Begini 5 Cara Merawat Transmisi Manual Mobil Agar Awet dan Tahan Lama

Jangan Gegabah, Begini 5 Cara Merawat Transmisi Manual Mobil Agar Awet dan Tahan Lama

Cara merawat transmisi manualm mobil agar awet dan tahan lama--freepik

RADAR TEGAL - Perawatan antara mobil manual dengan otomatis sebenarnya tidak terlalu ribet. Kali ini ada beberapa cara merawat transmisi manual mobil.

Bagi pengguna mobil kamu harus tahu cara merawat transmisi manual agar lebih awet. Perawatan mobil ini sebenarnya tidak terlalu sulit jika kamu lakukan dengan benar.

Dengan tahu cara merawat transmisi manual ini akan membuat kamu tidak terlaalu sering menuju ke bengkel. Menurut banyak orang, merawat mobil ini lebih mudah dari pada transmisi otomatis.

Pada artikel ini radartegal.disway.id akan membahas tentang 5 cara merawat transmisi manual mobil. Lakukan hal ini agar komponen pada mobil kamu lebih tahan lama.

BACA JUGA:8 Mobil Listrik SUV di Indonesia yang Layak Anda Miliki, Akselerasi Tak Kalah dengan Mobil Konvensional

BACA JUGA:8 Mobil Listrik SUV di Indonesia yang Layak Anda Miliki, Akselerasi Tak Kalah dengan Mobil Konvensional

5 Cara merawat transmisi manual mobil agar tahan lama

1. Ganti oli teratur

Pergatian oli ini sangat penting tidak hanya pada motor saja, akan tetapi mobil juga. Mobil manual juga perlu kamu perhatikan kondisi oli.

Oli membantu transmisi agar bisa berkerja dengan baik. Jika kamu terlalu lama tidak mengganti oli tentunya akan membuat transmisi kamu sedikit kurang optimal.

2. Pilih oli terbaik

Setelah kamu mengganti oli mobil dengan berkaala, selanjutnya adalah kualitas oli. Kualitas oli sangat berpengaruh terhadap kinerja transmisi.

Jika semakin baik olinya biasanya akan meningkatkan transmisi lebih baik. Pada umumnya mobil yang ada menggunakan oli tipe full sintetis 70-90 W.

BACA JUGA:Kenali Plus dan Minus Mobil Honda City Hatchback Mulai dari Fitur, Performa, hingga Kenyamanannya

BACA JUGA:Jadi Mobil Terlaris di Indonesia, Banyak yang Ngomong Toyota Rush Suspensinya Keras, Benarkah?

3. Cara merawat transmisi otomatis: setel kopling

Penyetelan kopling sangat penting untuk keawetan mesin. Jarak kopling harus tidak terlalu tinggi agar tidak membuat jarak terlalu jauh dengan transmisi mobil.

Keadaan ketika kamu tidak sadar meletakan kaki di atas pedal kopling juga bisa merusak transmisi. Hal itu bisa membuat membuat kopling kamu cepat aus.

4. Pakai suku cadang orisinil

Sumber: