Tips Merawat Mobil Bekas Agar Tetap Awet dan Stamina Mesin Terjaga yang Jarang Diketahui

Tips Merawat Mobil Bekas Agar Tetap Awet dan Stamina Mesin Terjaga yang Jarang Diketahui

Ilustrasi tips merawat mobil bekas.-(Foto: Tangkapan Layar/Pexels).-

RADAR TEGAL - Inilah tips merawat mobil bekas agar tetap awet dan terjaga staminanya. Melalui tips cara merawat mobil bekas ini, bisa Anda lakukan demi mobil kesayangan.

Bagaimana tips cara merawat mobil bekas? Mari kita simak dan telusuri langkah-langkahnya yang telah kami rangkum.

Mobil bekas seringkali menjadi pilihan yang lebih irit bagi banyak orang. Namun perawatan yang tepat sangat diperlukan agar kendaraan bekas tetap dapat beroperasi secara optimal.

Dengan memahami beberapa tips penting perawatan, Anda dapat memastikan mobil bekas Anda awet dan mesinnya tetap terawat.

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih! Ini 10 Tips Jitu Membeli Mobil Bekas Murah Tapi Kualitas Oke

Tips perawatan mobil bekas

Berikut beberapa langkah penting yang perlu diperhatikan untuk menjaga kondisi mobil bekas agar tetap prima.
 
1. Jaga kesehatan mesin dengan penggantian oli secara rutin

Penggantian oli secara rutin merupakan salah satu langkah penting untuk memastikan  mesin mobil Anda tetap berfungsi dengan baik. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk membantu mengurangi gesekan antar bagian mesin.

Ketika bagian-bagian mesin kekurangan pelumasan, maka risiko keausan komponen meningkat sehingga dapat menurunkan performa mobil. Pastikan untuk mengganti oli sesuai anjuran pabrikan atau minimal setiap 10.000 km atau enam bulan sekali.
 
2. Jagalah sistem pendingin Anda dengan mengganti cairan radiator secara berkala

Suhu tinggi yang dihasilkan  mesin mobil dapat menyebabkan panas berlebih, oleh karena itu penting untuk mengganti cairan radiator secara rutin. Penggunaan cairan radiator  secara terus menerus dapat menghilangkan komponen penting seperti antibeku dan anti korosi.

Mengganti radiator kira-kira setiap 20.000 mil atau saat cairan menjadi keruh dapat membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada sistem pendingin.

BACA JUGA:6 Mobil Bekas Terbaik 2023 dengan Berbagai Keunggulan, Pemula Banyak yang Menjadikannya Pilihan

3. Servis karburator secara teratur untuk memastikan kinerja optimal

Membersihkan karburator secara teratur dapat membantu menghindari masalah ketika kendaraan Anda sulit dihidupkan. Penting untuk memeriksa dan membersihkan filter karburator secara mandiri atau melalui  bengkel untuk perawatan yang lebih profesional.

4. Gunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan

Memilih bahan bakar yang sesuai dengan nilai oktan yang direkomendasikan pabrikan merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan mesin. Pastikan menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dengan nilai oktan yang disarankan, seperti Pertamax dengan RON 92, yang membantu membersihkan mesin dan mencegah pembentukan karat.

5. Ganti timing belt untuk menghindari kerusakan yang lebih serius

Mengganti timing belt secara berkala merupakan tindakan pencegahan yang penting untuk menghindari kerusakan serius pada kendaraan. Memperhatikan umur sabuk dan menggantinya setelah mencapai jarak 50.000 hingga 80.000 km dapat membantu mencegah risiko kegagalan total kendaraan.

6. Perawatan AC untuk kondisi interior yang nyaman

Perawatan berkala pada sistem AC mobil Anda penting dilakukan untuk menjamin kenyamanan  kabin. Bersihkan kondensor AC, jaga kebersihan kabin, dan periksa filter AC secara berkala. Gunakan AC dengan benar untuk menghindari kerusakan yang tidak perlu.

BACA JUGA:5 Alasan Mengapa Mobil Bekas Merek Jepang lebih Layak Dibeli Dibandingkan Merek Eropa, Harga Lebih Murah?

7. Merawat interior dan eksterior mobil agar terlihat lebih menarik

Merawat interior dan eksterior mobil dapat membuat tampilannya semakin baru. Bersihkan dashboard, perbaiki atau ganti karpet kabin, dan jaga kebersihan jok mobil.

Cuci juga mobil Anda dengan sabun khusus dan gunakan wax untuk menjaga kilapnya.

Dengan menerapkan tips perawatan di atas, Anda dapat memastikan mobil bekas Anda tetap tampil maksimal dan tetap terjaga penampilannya. Dengan perawatan yang tepat, mobil bekas Anda bisa awet dan performa mesinnya tetap terjaga.

Demikian tips merawat mobil bekas yang telah kami rangkum, semoga bermanfaat. (*)

Sumber: