Jangan Asal Pilih, Ketahui Tips Memilih Sunscreen Terbaik!

Jangan Asal Pilih, Ketahui Tips Memilih Sunscreen Terbaik!

Cara memilih sunscreen | Foto: Beautynesia--

RADAR TEGAL – Di musim kemarau,  melindungi tubuh  dari sinar UV merupakan hal wajib jika Anda tidak mau kulit Anda rusak, ya. Berikut cara memilih sunscreen terbaik.

Kini, bereagam produk sunscreen di pasaran berlomba-lomba menawarkan keunggulannya hingga  kerap menimbulkan kebingungan ketika harus memilihnya.

Namun, pada umumnya sunscreen terbaik mempunyai beberapa  kriteria  penting yang perlu Anda  ketahui.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak

Kriteria Sunscreen

Sunscreen merupakan salah satu  skin care yang bekerja dengan menembus lapiisan teratas kulit untuk  menyerap sinar matahari seperti halnya spons.

Produk yang satu ini  diketahui mengandunng sederet bahan kimia akti yang bertujuann sebagai penghalang radiasi sinar UV ke kulit.

Terdapat dua jenis sunscreen, meliputi sunscreen kimia dan mineral. Bahan yang umum ditemukan dalam sunscreen kimiawi yakni avobenzone, oxybenzone, dan octocrylene, sedangkan sunscreen mineral dibuat dari titanium dioksida dan zinc oksida.

Adapun sneyawa dalam sunscreen kimiawi yakni umumnya  tidak berwarna serta terasa ringan pada  kulit.

Diketahui, bereagam senyawa tersebut hanya dapat menyaring sinar  UVB, namun kini sudah  banyak ditemukan produk yang juga melindungi kulit dari  sinar UVA.

Terdapat sejumlah kriteria yang perlu Anda perhatikan ketika memilih sunscreen terbaik,  meliputi;

Sifat komedogenik. Komedogenik adalah kemungkinan produk menyumbat pori-pori. Sunscreen untuk kulit berjerawat idealnya bersifat non-komedogenik.

Sun Protection Factor (SPF). SPF sunscreen amat bervariasi, mulai dari 15, 30, hingga 50. Besarnya SPF menentukan kemampuannya dalam menyaring sinar matahari.

Jenis sunscreen. Sunscreen mineral dan kimiawi memiliki efek yang berbeda pada kulit.

Bahan aktif yang ditambahkan. Sunscreen untuk kulit kombinasi, normal, kering, dan berminyak tentu mengandung bahan aktif yang berbeda.

Tekstur dan kekentalan. Pemilik kulit normal bisa saja memakai sunscreen dengan tekstur krim atau gel, tapi tipe kulit lain belum tentu demikian.

Spektrum sunscreen. Sunscreen terbaik adalah yang berspektrum luas (broad spectrum). Ini berarti sunscreen bisa menangkal sinar UVA dan UVB sekaligus.

BACA JUGA: Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Sunscreen agar Khasiatnya Bekerja Optimal

Tips Memilih Sunscreen Terbaik

1. Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Bagi Anda memilihh jenis kulit berminyak Anda bisa memilih jenis sunscreen yang mengandung mineral dan kimiawi karena sama-sama aman untuk semua  jenis kulit.

Namun, sunscreen mineral dengan titanium dioksidan dan zinc oksida dinilai lebih berhasabat untuk  Anda pemilik kulit berminyak  dan mudah berjerawat.

Hal ini karena, sunscreen dengan kandungan mineral berkemungkinan lebih kecil menimbulkan reaksi  alergi daripada suncreen kimiawi.

Bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat pun jangan khawatir  akan resiko interaksi antara bahan kimia dalam sunscreen dengan kulit yang meradang.

Karena, bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat disarankan untuk menggunakan sunscreen berbasis air bukan minyak.

Hal tersebut bertujuan supaya bahan sunscreen muda terserap ke dalam kulit dan tidak menyumbat pori-pori. Produk jenis ini juga biasanya berbentuk gel bening.

BACA JUGA: Yuk Lindungi Kulit Anda! 10 Rekomendasi Sunscreen dengan Water-Based Terbaik

2. Sunscreen untuk Jenis Kulit Kering dan Sensitif

Apabila Anda pemilik jenis kulit kering atau  sensitif, Anda harus  lebih waspada terhadap cuaca terik ataupun dingin.

Dengan sunscreen terbaik khusus untuk kulit  kering dan  sensitif akan sangat membantu Anda dalam mencegah kulit  pecah-pecah dan iritasi.

Nah, produk sunscreen untuk jenis kulit kering atau sensitif  yakni terbuat dari  mineral. Sebab, titanium dioksidan merupakan mineral alami yang mampu memantulkan radiasi  sinar UV dan tidak ada terurai di  bawah  sinar matahari.

Kemudian, kandungan zinc oksida merupakan mineral sintetis yang bertugas untuk memcah panas dan energi yang dilepaskan oleh sinar UV, dan menghalangi radiasi matahari  supaya  menjauh dari kuit bahkan sebelum mencapai  permukaan kulit.

Kedua mineral tersebut juga jarang menyebabkan reaksi alergi, hal ini karena tidak meresap ke dalam kulit.

Oleh sebab itu, sunscreen mineral adalah pilihan terbaik untuk anak-anak dan orang-orang dengan kulit yang lebih rentan terkena dampak sinar matahari.

Pilihlah sunscreen mineral dengan bahan aktif yang melembapkan seperti hyaluronic acid. Anda juga dianjurkan memilih sunscreen berbentuk krim atau losion, sebab tekstur yang lebih kental dapat melindungi dan melembapkan kulit secara bersamaan.

Sebaliknya, hindari produk mengandung para-aminobenzoic (PABA), dioxybenzone, oxybenzone, atau sulisobenzone. Hindari juga sunscreen yang mengandung alkohol, pewangi, dan pengawet berlebihan.

BACA JUGA: 10 Sunscreen Murah untuk Remaja yang Tidak Timbukan White Cast, Auto Glowing Cocok Juga untuk Pria

Demikian ulasan mengenai tips memilih sunscreen terbaik. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: