Makin Berkelas, RSUD Kardinah Tegal Kini Punya Alat MRI Kualitas 1,5 Tesla

Makin Berkelas, RSUD Kardinah Tegal Kini Punya Alat MRI Kualitas 1,5 Tesla

Layanan MRI di RSUD Kardinah Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Diagnosa penyakit dengan tekhnologi terkini saat ini sudah bisa dilakukan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah Kota Tegal. Itu, menyusul dengan adanya fasilitas MRI (magnetic resonance imaging).

Dengan begitu, RSUD Kardinah Kota Tegal sudah bisa mendeteksi penyakit dengan tekhnologi medan magnet tanpa sinar X atau zat radioaktif. Selain itu, hasil pemeriksaan juga bisa diketahui dengan waktu yang relatif singkat.

Direktur RSUD Kardinah Kota Tegal drg. Agus Dwi Sulistyantono mengatakan sebelumnya, pihak dia sudah memiliki alat MRI dengan kualitas 0,5 Tesla. Saat ini, sudah menjadi 1,5 Tesla.

"Saat ini, MRI dengan kualitas 1,5 Tesla menjadi satu-satunya yang dimiliki. Untuk wilayah Tegal dan sekitarnya,"katanya.

Baca Juga: Laboratorium Klinik Gawe Seneng di RSUD Kardinah Tegal, Permudah Layanan Kesehatan ke Masyarakat

Menurut Agus, dengan kualitas yang sudah tinggi itu, kinerja MSI jadi lebih baik. Antara lain, proses pemeriksaan lebih cepat dan hasilnya lebih detail.

"Layanan terbaru di RSUD Kardinah ini dapat dimanfaatkan sebagai pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan. Untuk memeriksa seluruh bagian tubuh, dari ujung kepala hingga kaki,"ujarnya.

Agus menegaskan, layanan tersebut sudah bisa diakses seluruh fasilitas kesehatan di semua wilayah. Sehingga, pasien tidak perlu dirujuk ke kota besar.

"Jadi, ini bisa dimanfaatkan untuk layanan kesehatan di Brebes, Tegal, Slawi dan Pemalang. Maka, pasien tidak perlu dirujuk jauh ke luar kota,"tandasnya. 

Selain pasien umum, imbuh Agus, layanan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk pasien BPJS. Sehingga, akan memudahkan masyarakat mendapatkan layanan MRI. (*)

Sumber: