3 Komponen Mobil yang Bakal Terkena Dampak Cuaca Panas Bulan Oktober, Paling Kena Bagian Mobil Ini yang bisa..

3 Komponen Mobil yang Bakal Terkena Dampak Cuaca Panas Bulan Oktober, Paling Kena Bagian Mobil Ini yang bisa..

5 Komponen Mobil yang Bakal Terkena Dampak Cuaca Panas Bulan Oktober, Paling Kena Bagian Mobil Ini yang bisa..--Image By Freepik Then Edited Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

Hal ini dapat menghambat proses pendinginan, sehingga penting untuk menggunakan cairan radiator yang sesuai dengan spesifikasi dan iklim tropis Indonesia.

Selain cairan radiator, komponen radiator lainnya juga perlu dicek secara berkala, seperti kebocoran, karat, dan kerusakan sirip radiator.

BACA JUGA:Mengenal 5 Bagian AC pada Mobil dan Fungsinya, Ternyata Cara Kerjanya Berbeda-beda

2. Ban mobil

Ban juga menjadi salah satu komponen dalam mobil paling penting. Ban yang setiap harinya melakukan kontak langsung dengan aspal mesti diperhatikan pengguna mobil.

Ban yang aus dapat meletus karena anyaman kawat bajanya akan langsung bersentuhan dengan permukaan jalan yang panas. Ganti ban mobil segera setelah batas keausan telapak ban atau Tire Wear Indicator (TWI) terlihat.

Tekanan udara ban yang terlalu rendah dapat menyebabkan dinding ban tidak dapat menahan gerakan naik-turun dengan baik, bahkan dapat menekuk jika terlalu kempis.

Akibatnya, dinding ban akan lebih mudah melengkung dan dapat merusak anyaman kawat baja di dinding ban. Ban dapat meletus dalam kondisi pemakaian berat.

BACA JUGA:Penyebab Aki Mobil Cepat Soak, Jangan Sampe Hal Ini Terjadi pada Mobil Kesayangan Kamu

3. Rem mobil

Rem mobil merupakan komponen terpenting mobil yang selalu bekerja keras, bahkan dalam kondisi normal. Hal ini karena rem mobil tidak memiliki sistem pendingin seperti radiator.

Untuk menjaga performa rem mobil yang optimal, gunakan cairan rem yang sesuai spesifikasi kendaraan dan kebutuhan rem mobil di Indonesia.

Selain itu cairan rem juga harus diperiksa secara berkala untuk memastikan jumlahnya tidak berkurang. Jika berkurang, segera tambahkan.

Namun, jika sering berkurang, segera periksa penyebabnya. Pastikan juga tidak ada endapan lumpur di dalam tabung rem untuk mencegah sumbatan.

BACA JUGA:3 Tips Memilih Busi yang Benar dan Rekomendasi Terbaiknya, Ampuh Optimalkan Akselerasi Mobil

Sumber: