5 Alasan Nasabah Galbay Pinjol Tidak di Tagih DC Lapangan, Padahal Hutangnya Belum di Bayar

5 Alasan Nasabah Galbay Pinjol Tidak di Tagih DC Lapangan, Padahal Hutangnya Belum di Bayar

Alasan Nasabah Galbay Pinjol Tidak di Tagih DC Lapangan-freepik-

RADAR TEGAL - Alasan mengapa nasabah galbay tidak didatangi DC pinjol meski sudah hutang berbulan-bulan. Pinjaman online telah menjadi pilihan utama bagi banyak masyarakat Indonesia dalam mendapatkan sumber dana tambahan. 

Namun, terkadang nasabah pinjol mengalami kesulitan dalam membayar utang mereka, yang biasa dikenal sebagai galbay. Salah satu ketakutan nasabah galbay adalah ditagih oleh debt collector (DC) pinjol. 

DC pinjol seringkali menggunakan metode intimidatif dalam menagih utang, seperti menghubungi keluarga, teman, atau bahkan mengancam akan menyebarkan data pribadi nasabah. 

Tetapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa alasan mengapa nasabah galbay tidak didatangi DC pinjol meski sudah hutang berbulan-bulan? Berikut ini adalah penjelasannya.

BACA JUGA:Apa Itu Fintech? Yuk Simak Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

1. Utang sudah melewati batas waktu penagihan

Menurut peraturan yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), penyelenggara pinjol hanya boleh menagih utang maksimal selama 90 hari sejak tanggal jatuh tempo. 

Setelah melewati batas waktu ini, penyelenggara pinjol dilarang menagih utang secara langsung. Oleh karena itu, jika utang Anda sudah melewati batas waktu tersebut, Anda mungkin tidak akan dihadapkan pada DC pinjol yang datang menagih secara langsung.

2. Nasabah sudah menghubungi penyelenggara pinjol

Jika Anda sudah menghubungi penyelenggara pinjol untuk menyampaikan kesulitan Anda dalam membayar utang, maka kemungkinan besar DC pinjol tidak akan mendatangi Anda. 

Hal ini karena penyelenggara pinjol sudah mengetahui situasi Anda dan akan berusaha mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah utang Anda.

BACA JUGA:Cara Tangkis Rayuan Pinjol Agar Tidak Tertipu, Jurus Ampuh Jauhi Jeratan yang Bikin Stress

3. Nasabah sudah melakukan negosiasi dengan penyelenggara pinjol

Apabila Anda telah melakukan negosiasi dengan penyelenggara pinjol untuk mengubah skema pembayaran utang, maka kemungkinan besar DC pinjol tidak akan datang menagih Anda. 

Sumber: