Sering Sembelit? Ini 6 Bahan Alami untuk Membersihkan Usus Kotor yang Mudah dan Murah

Sering Sembelit? Ini 6 Bahan Alami untuk Membersihkan Usus Kotor yang Mudah dan Murah

Ilustrasi. 6 bahan alami untuk membersihkan usus kotor dengan mudah dan murah -freepik-

3) Buah-buahan dan sayur

Cara membersihkan usus kotor dengan alami yaitu juga bisa dengan mengonsumsi buah dan sayuran. 

Sayur dan buah merupakan sumber serat alami dan yang bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, sehingga bisa mencegah sembelit.

Tidak hanya itu, buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang bisa memberikan kesehatan secara menyeluruh untuk tubuh. 

Maka dari itu, rutinlah mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya untuk menjaga usus tetap sehat, serta memenuhi vitamin harian untuk tubuh.

BACA JUGA : Hanya Gunakan Satu Bahan Alami untuk Wajah Glowing dan Bebas Flek Hitam, Harga Murah dan Mudah Digunakan

4) Jus aloe vera

Selain sering menjadi bahan perawatan kulit, jus aloe vera juga menjadi salah satu bahan alami untuk membersihkan usus kotor.

Aloe vera atau lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan pencahar alami untuk membersihkan usus. Namun, jangan mengonsumsi berlebihan karena bisa menyebabkan diare. 

5) Air lemon

Selain jus aloe vera, air lemon bisa membantu membersihkan usus kotor secara alami dan efektif. Lemon memiliki kandungan asam sitrat yang akan merangsang gerakan usus, serta meningkatkan produksi air liur dan enzim pencernaan.

Anda bisa mengonsumsi segelas air lemon hangat tiap pagi saat perut kosong, demi melancarkan buang air besar serta membersihkan kotoran pada usus.

6) Yoghurt

Bahan alami yang mudah dan efektif untuk membersihkan usus adalah yoghurt. Yoghurt memiliki kandungan probiotik alami untuk menyeimbangkan bakteri dalam usus.

BACA JUGA : 5 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah dengan Mudah dan Menggunakan Bahan Alami

Sumber: