Belajar Pengelolaan Sampah, SD Negeri Margadana 4 Kota Tegal Gandeng Marga Jaya Rindang

Belajar Pengelolaan Sampah, SD Negeri Margadana 4 Kota Tegal Gandeng Marga Jaya Rindang

KERJASAMA-Kepala SD Negeri Margadana 4 Tegal Kastolani, Ketua TP PKK Kelurahan Margadana Sri Lestari dan pengurus Bank Sampah Marga Jaya Rindang usai penanda tanganan kerja sama terkait pengelolaan sampah di Pendapa Kantor Kelurahan Margadana, Jumat 13 Ok-Meiwan Dani R-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Belajar pengelolaan sampah, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Margadana 4 Tegal menjalin kerja sama dengan Bank Sampah Marga Jaya Rindang. Kerja sama itu terkait pengembangan sekolah adiwiyata atau lingkungan. 

Sebagai sekolah adiwiyata, tentunya perlu pengelolaan sampah yang baik. Karenanya kerja sama dengan Marga Jaya Rindang perlu dilakukan.

Penandatanganan kerja sama dilakukan usai Launching Inovasi Sambel Bajak di Pendapa Kantor Kelurahan Margadana, Jumat 13 Oktober 2023.

Kepala SD Negeri Margadana 4 Tegal Kastolani mengaku terbantu dengan kerja sama tersebut. Terutama pada hal yang berkaitan dengan pengelolaan sampah.

BACA JUGA:Tingkatkan Perolehan Pajak Bumi dan Bangunan, Kecamatan Margadana Kota Tegal Inovasi 'Sambel Bajak'

"Adanya kerjasama ini dapat membantu saya dalam mengembangkan sekolah adiwiyata," kata dia.

Sekolah Adiwiyata sendiri merupakan program pendidikan untuk lingkungan hidup. Kerja sama tersebut akan membantu sekolah dalam pengelolaan sampah. 

Sehingga sampah yang ada di lingkungan sekolah dapat terkelola dengan baik. 

"Kami juga perlu adanya edukasi dalam mengelola sampah, dan pelatihan daur ulang sampah," tambahnya.

BACA JUGA:Keren Nih! Pengelolaan Sampah Plastik dan Organik Dilakukan Mandiri, Desa Ini Tak Buang ke TPA

Sementara itu, Direktur Bank Sampah Marga Jaya Rindang Meiwan Dani Ristanto menyampaikan, adanya bank sampah selain untuk mengelola sampah warga juga sebagai tempat edukasi. 

Sehingga sekolah yang ada di Margadana bisa menjalin kemitraan dengan bank sampah. Terutama dalam pengelolaan sampah di lingkungan.

"Kita sudah dapat penghargaan tingkat Kota Tegal dalam hal pengelolaan sampah terbaik," tandas Meiwan. (*)

Sumber: