Heboh! Rumah ASN Kepala SMP Negeri di Brebes Jadi Posko Pemenangan Bacaleg PDIP, Banyak Baliho Terpasang

Heboh! Rumah ASN Kepala SMP Negeri di Brebes Jadi Posko Pemenangan Bacaleg PDIP, Banyak Baliho Terpasang

RUMAH ASN- Pencopotan baliho bacaleg di rumah ASN oleh simpatisan bacaleg disaksikan PPK dan Bawaslu.-EKO FIDIYANTO-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Menjadi posko pemenangan bacaleg DPR RI dari PDI Perjuangan (PDIP), rumah seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes tengah heboh menjadi sorotan. 

Apalagi sejumlah baliho caleg terpasang di rumah ASN yang berada di Jalan Raya Bantarkawung-Salem Kabupaten Brebes. Dari kabar yang beredar, rumah Kepala SMP Negeri 1 Bumiayu ini sering menjadi tempat berkumpul tim pemenangan bacaleg DPR RI dari PDI Perjuangan.

Di rumah ASN yang berlokasi di Desa Bantarkawung RT 02 RW 02 ini juga sering terparkir kendaraan bergambar caleg dari PDI Perjuangan tersebut. Selain bergambar bacaleg, baliho-baliho itu juga bergambar Capres PDIP Ganjar Pranowo. 

Saat dikonfirmasi, pemilik rumah yang berstatus ASN, Ina Purnamasari mengatakan, sejak anaknya menikah, rumah tersebut diserahkan kepada anaknya. Dia mengaku dirinya telah membeli rumah di wilayah perkotaan Brebes. 

BACA JUGA:Pindah Parpol, 1 Bacaleg di Tegal Mundur Saat Tahapan Pencermatan DCT Pemilu 2024

Namun karena lokasi kerja yang jauh, selama hari Senin hingga Sabtu ia pun menginap di rumah yang ditinggali anaknya. Ini bisa dibuktikan dengan surat hibah rumah untuk anaknya. 

"Rumah itu sudah saya hibahkan ke anak saya. Tapi saya menginap di situ selama hari Senin sampai Sabtu karena rumah saya yang di Kota Brebes jauh dari lokasi kerja di Bumiayu," kata Ina Purnamasari saat dikonfirmasi, Jumat 13 Oktober 2023.

Keberadaan rumah ASN yang menjadi posko ini pun akhirnya diketahui oleh Pemkab Brebes dan Bawaslu Brebes. Mereka melakukan pencopotan baliho bacaleg yang masing-masing berukuran besar dan kecil.

Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Brebes Karnodo mengaku, pencopotan baliho salah satu bacaleg tersebut bukan dilakukan oleh PPK. Karnodo menyebut, awalnya baliho tersebut dipasang di depan kantor sekretariat PPK. 

BACA JUGA:Daftar ASN Hingga Alasan Pribadi, 14 Bacaleg di Brebes Pilih Mundur

Mengingat tidak etis lantaran harus menjaga netralitas, PPK meminta memindah lokasi baliho di depan rumah ASN tersebut.

"Dipasangnya hari Rabu, kemudian pemilik rumah anaknya Ibu Ina meminta untuk dipindah. Berdasarkan informasi rumah tersebut memang rumah Ibu Ina sudah diberikan ke anaknya," terangnya.

Camat Bantarkawung Slamet Budi Raharjo saat dikonfirmasi membenarkan bahwa rumah ASN yang menjadi posko pemenangan bacaleg tersebut sudah diserahkan dari Ina Purnamasari kepada anaknya.

Namun dia mengaku belum mengecek status kependudukan dari yang bersangkutan, apakah statusnya masih tinggal di rumah tersebut atau ASN pindah alamat di rumah barunya. 

Sumber: