3 Bulan KKN di Batam, Mahasiswa IBN Akhirnya Kembali ke Tegal

3 Bulan KKN di Batam, Mahasiswa IBN Akhirnya Kembali ke Tegal

BERPOSE - Rektor IBN Tegal Saepudin didampingi pimpinan lainnya foto bersama dengan sejumlah mahasiswa yang telah melaksanakan PPL KKN di Batam, Selasa 10 Oktober 2023. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Mengikuti program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Batam Kepulauan Riau (Kepri) selama 3 bulan, sejumlah mahasiswa Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) akhirnya kembali ke Tegal. Rombongan mahasiswa dari program studi PIAUD IBN Tegal ini pulang disambut Rektor IBN Tegal bersama pimpinan lainnya.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IBN Tegal Zaki Mubarok berharap program ini bermanfaat dan bisa menambah pengalaman mahasiswa ketika nanti terjun dan menghadapi masyarakat yang beragam.

"Kalian (para mahasiswa PPL-KKN) juga patut bersyukur karena tidak semua mahasiswa IBN Tegal mendapatkan kesempatan mengikuti program ini," ucapnya.

Rektor IBN Tegal Saepudin mengatakan, program ini merupakan upaya rekognisi dari masyarakat lintas provinsi atas eksistensi dan kontribusi perguruan tinggi IBN Tegal.

BACA JUGA:MANTAP! Mahasiswa IBN Tegal Raih Prestasi di Bidang Pecinta Alam dan Penelitian

"Semoga IBN Tegal dengan seluruh program studi yang ada, ke depannya lebih banyak lagi memberikan manfaat dan kontribusi di masyarakat," tukasnya. 

Laela Mukhlisoh, salah satu mahasiswa IBN Tegal yang mengikuti program tersebut tampak gembira sudah kembali pulang ke kampusnya.

"Alhamdulillah, kami sudah kembali lagi ke kampus IBN dengan selamat," katanya.

Mahasiswa yang akrab disapa Elis ini menuturkan, program PPL-KKN berlangsung sejak Juli hingga Oktober 2023. KKN dilaksanakan di 2 kecamatan yakni Batam dan Sekupang Kepri.

BACA JUGA:Cegah Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, IBN Gelar Pelatihan Dukungan Psikososial

Elis mengaku bersyukur telah mendapat kesempatan untuk mempraktikkan ilmunya kepada masyarakat Batam. 

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Rektor IBN Tegal yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk belajar dan mempraktikkan ilmu yang telah kami dapatkan dari kampus bersama masyarakat di Batam Kepulauan Riau," kata Elis.

Meski jauh dari kedua orangtua selama 3 bulan, namun Elis mengaku sangat senang karena mendapat pengalaman yang tentunya bermanfaat untuk kehidupannya di masa datang.

"Program PPL KKN Integratif ini merupakan tindak lanjut hasil kerja sama dan kolaborasi dua perguruan tinggi di Jawa Tengah yaitu IBN Tegal dengan STIT Pemalang," kata Elis menambahkan. (*)

Sumber: