Hutang Pinjol Bisa Hangus Tanpa Harus Dibayar, tapi Hal Ini yang Terjadi Setelahnya

Hutang Pinjol Bisa Hangus Tanpa Harus Dibayar, tapi Hal Ini yang Terjadi Setelahnya

Hutang pinjol bisa hangus tanpa harus dibayar-freepik-

Aturan ini memang sudah diberikan mutlak kepada pinjol yang legal OJK bahwa dilarang untuk menagih hutang nasabah setelah lewat 90 hari.

Meskipun sudah ada larangan menagih hutang lewat dari 90 hari, masih banyak aplikasi pinjol yang terus menagih hutang nasabah-nasabahnya dengan kurang etis.

BACA JUGA : Cara Cek Apakah Pinjol Bisa Akses Kontak di HP atau Tidak, Jangan Asal Download Aplikasinya!

Baik itu ketika mereka menagih lewat media komunikasi maupun saat mendatangi rumah si nasabah galbay.

Hutang pinjol bisa hangus tanpa harus dibayar ini berlaku bagi yang mengajukan pinjaman uang di platform legal. Bagaimana pada pinjol ilegal?

Galbay pinjol ilegal

Jika gagal bayar cicilan di pinjol ilegal, Anda juga bisa tidak membayar hutang yang Anda miliki. Namun, Anda harus membuat laporan kepada otoritas berwenang bahwa platform tersebut memang ilegal.

Terlebih lagi jika pinjol ilegal menagih dengan cara-cara kurang beretika, seperti meneror, mengancam, dan sampai menyebarkan data pribadi. 

Pinjol ilegal memang sangat merugikan karena sering menetapkan suku bunga terlalu tinggi. Belum lagi ada biaya tambahan yang tidak transparan.

BACA JUGA : Meski Sudah Lunas, Nasabah Pinjol Ilegal Tetap Bisa Alami 2 Risiko Ini

Hal ini bisa Anda laporkan agar nanti Anda tidak perlu membayar cicilan bunganya, namun tetap harus mengembalikan nominal hutang sesuai yang sudah Anda ajukan sebelumnya.

Kesimpulan

Hutang pinjol legal OJK bisa hangus tanpa perlu dibayar setelah lewat dari 90 hari. Namun, risiko yang terjadi adalah riwayat kredit atau BI Checking atau SLIK OJK Anda akan menjadi buruk.

Hal ini akan menyulitkan Anda mengajukan kredit apapun di masa depan, termasuk kredit bank, pinjol legal yang lain, dan lembaga keuangan resmi lainnya.

Anda tetap bisa mengajukan pinjaman, namun di platform yang ilegal. Perlu Anda tahu bahwa pinjol ilegal memiliki banyak risiko untuk Anda dan bisa membuat Anda semakin terlilit hutang. 

Sumber: