3 Ton Beras Murah Ludes dalam Sekjap Dalam Gerakan Pangan Murah Jateng

3 Ton Beras Murah Ludes dalam Sekjap Dalam Gerakan Pangan Murah Jateng

Pj Gubernur Jateng meninjau kegiatan GPM yang menjual bersa murah seharga 10.200 per kg.-Humas Pemprov Jateng-

RADAR TEGAL - Sebanyak 3 tob beras murah yang dijual dalam kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) Pemprov Jateng ludes dalam waktu sekejap.

Warga berbondong-bondong membeli beras murah seharga Rp10.200 per kg di GPM yang dihelat di Kecamatan Pasar Kliwon dan PT Sritex.

Ya, Pemerintah Provinsi Provinsi Jawa Tengah menggelar acara Gerakan Pangan Murah (GPM) guna menekan angka inflasi. 

Acara yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Jawa Tengah, berkolaborasi dengan Badan Pangan Nasional, BUMN, BUMD dan gabungan kelompok tani ini dihelat di Kecamatan Pasar Kliwon dan PT Sritex, Rabu, 4 Oktober 2023. 

BACA JUGA:Evaluasi Penyaluran Bantuan Pangan Beras 10 Kg, Ini Hasilnya

BACA JUGA:Siap-siap Bansos Beras 10 Kg dari Bapanas Diperkirakan Cair Awal Bulan

Saat meninjau GPM di Kecamatan Pasar Kliwon, Pj Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (P) Nana Sudjana membeberkan, sebanyak 3 ton beras yang dibawa Bulog dengan harga Rp10.200 per kg, ludes dalam waktu sekejap. 

Demikian pula 1,5 ton beras, 0,5 ton gula pasir, dan 500 liter minyak goreng  yang dibawa PT Pedaringan. Dalam waktu kurang dari tiga jam sudah habis.

"Bulog yang menurunkan sampai 4 ton beras, Alhamdulillah tadi 3 ton sudah habis. Tapi masih banyak tadi ya, masyarakat masih antusias," tutur Nana.

Diakui Nana, ada sejumlah komoditi yang mengalami kenaikkan harga. Komoditi yang kenaikan harganya cukup terasa adalah beras dan gula pasir. 

BACA JUGA:Setelah Beras, Giliran Harga Gula Pasir Naik, Pedagang di Pasar Tradisional Tegal Kebingungan

BACA JUGA:Harga Beras dan Gula di Pasar Johar Semarang Abnormal, Pemprov Jateng Gercep Lakukan Ini

Harga beras medium berada di kisaran Rp13.000 per kg dan beras premium hampir Rp15.000 per kg. Sedangkan gula pasir rata-rata Rp14.500 per kg. 

Tak pelak, kenaikan harga dua komoditas itu menjadi pemicu inflasi. Inflasi Jateng September 2023 berada di angka 0.41%. 

Sumber: