Evaluasi Penyaluran Bantuan Pangan Beras 10 Kg, Ini Hasilnya

Evaluasi Penyaluran Bantuan Pangan Beras 10 Kg, Ini Hasilnya

Bersama Bulog Cabang Pekalongan, DPKP Brebes menggelar rapat evaluasi penyaluran bantuan pangan 10 kg yang dihadiri oleh perwakilan camat di Kabupaten Brebes, Selasa 3 Oktober 2023.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Brebes bersama Badan Urusan Logistik (Bulog) menggelar evaluai penyaluran bantuan pangan beras 10 Kg, Selasa 3 Oktober 2023 di aula kantor DPKP.

Dalam rapat evaluasi tersebut, selain dihadiri oleh wakil Pimpinan Perum Bulog Cabang Pekalongam, Kepala Gudang Cimohong dan Transporter JPL, hadir juga perwakilan Camat se Kabupaten Brebes. Secara keseluruhan, hasil evaluasi dalam penyaluran bantuan pangan beras 10 kg ke masyarakat kurang mampu dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) berjalan sukses.

"Kalau untuk secara keseluruhan, penyaluran bantuan pangan beras 10 kg ke warga kurang mampu berjalan sukses. Meskipun memang ada beberapa catatan," ujar Kepala DPKP Brebes Yulia Hendrawati.

Yulia menyebutkan, salah satu catatan yang dimaksud yaitu masih ada desa yang terkendala saat proses penyaluran. Yakni, terkendala sinyal dalam memasukan data penerima bantuan ke aplikasi yang disediakan oleh pihak Bulog.

"Makanya tadi kita menyepakati, kalau ada desa yang terkendala dengan sinyal saat memasukan data penerima lewat aplikasi, khusus di desa tersebut bisa menggunakan manual. Hanya saja, nanti mereka memasukan data tersebut ke dalam aplikasi saat berada di lokasi yang ada sinyal," jelasnya.

Dia menambahkan, untuk penyaluran tahap yang kedua ini diprediksi akan mulai besok. Hanya saja, nanti sore (hari ini, Red) ada beberapa yang mulai disalurkan ke wilayah Kecamatan Bulakamba.

"Kalau rencana mulai besok, tapi katanya nanti sore akan ada yang disalurkan di wilayah Bulakamba," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Gudang Bulog Cimohong, Donny Aji Setiawan mengatakan, untuk total penerima manfaat bantuan pangan beras di Brebes diperkirakan sama dengam tahap pertama. Yakni mencapai 223.943 penerima. Jumlah tersebut tersebar di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes.

"Untuk jumlahnya masih sama dengan penerima bulan lalu. Dan insyaallah hari ini sudah mulai ada penyaluran," tukasnya.

Dalam proses penyalurannya, beras tersebut dikirim ke tiap-tiap desa atau kelurahan yang ada di Kabupaten Brebes. Nanti, melalui sistem aplikasi pemerintah desa setempat membagikan ke KPM.***

Sumber: