Selamat! 28 Wirausaha Pemuda Dapat Dana Insentif Rp15 Juta dari Pemkab Tegal

Selamat! 28 Wirausaha Pemuda Dapat Dana Insentif Rp15 Juta dari Pemkab Tegal

TOP 28 - Bupati Tegal Umi Azizah saat menghadiri acara Malam Puncak Penganugerahan Top 28 Wirausaha Pemuda yang berlangsung di Trasa Coworking Space Kabupaten Tegal, baru-baru ini.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Masuk dalam chapter ke lima dan jajaran Top 28 Program WP Kabupaten Tegal tahun 2023, 28 orang Wirausaha Pemuda (WP) mendapat dana insentif dari Pemkab Tegal masing-masing Rp 15 juta. 

Wirausaha Pemuda merupakan salah satu program unggulan Bupati Tegal tahun 2019-2024 di bidang pembinaan kepemudaan. Hal itu tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tegal 2019-2024. 

Program Wirausaha Pemuda chapter satu diluncurkan untuk pertama kalinya di tahun 2019. Sejauh ini program pembinaan kepemudaan Wirausaha Pemuda telah dipandang mampu mendukung kemajuan perekonomian warga di Kabupaten Tegal melalui penciptaan dan penyediaan lapangan kerja yang dipelopori oleh anak-anak muda.

Pemkab Tegal juga memberikan dana insentif yang sama kepada lima orang bos muda, alumnus program Wirausaha Pemuda chapter sebelumnya yang dinilai berhasil menjalankan usahanya.

BACA JUGA:Sah! Amir Makhmud Resmi Jadi Sekda Kabupaten Tegal, Bupati Umi Azizah Minta Tidak Bikin Gaduh

BACA JUGA:Bupati: Panitia Pilkades Kabupaten Tegal 2023 Harus Netral Tak Jadi Pendukung atau Simpatisan

Bupati Tegal Umi Azizah berharap, penyelenggaraan program Wirausaha Pemuda ini bisa menjadi spirit semua pihak untuk bekerja lebih giat dan berkarya lebih hebat. Terutama dalam menghantarkan anak-anak muda Kabupaten Tegal terjun ke dunia usaha, membangun kemandirian, dan membuka lapangan kerja baru sampai kemudian terlahir bos-bos muda.

“Semoga melalui proses seleksi berjenjang ini semakin memperkuat komitmen dan keyakinan para wirausahawan pemuda pemula untuk merealisasikan idenya, mengembangkan usahanya, menggulirkan roda bisnisnya supaya jalannya lebih kencang lagi," kata Bupati Umi, saat menyerahkan dana insentif tersebut, di Trasa Coworking Space (TrackingSpace) Kabupaten Tegal, baru-baru ini.

“Ini sudah menjadi komitmen kami untuk menjawab tantangan bonus demografi. Saya optimis, melalui program pendampingan wirausaha pemuda yang terus kita evaluasi ini akan mencetak entrepreneur-entrepreneur muda yang produktif, punya high-impact atas usahanya, terutama membuka lapangan kerja baru,” tandas Umi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Tegal Akhmad Uwes Qoroni menambahkan jika salah satu isu strategis yang memerlukan perhatian dan penanganan serius pemerintah daerah saat ini adalah soal pengangguran terbuka penduduk usia muda.

BACA JUGA:5 Ruas Proyek Jalan di Kabupaten Tegal Dimonitor Bupati Umi Azizah, Hasilnya di Luar Dugaan!

BACA JUGA:Lolos 8 Besar Nominasi Anugerah Layanan Investasi, Pemkot Tegal Didatangi Tim Uji Petik

“Persoalan pengangguran ini perlu kita intervensi dengan menyediaan lapangan kerja baru, salah satunya melalui kampanye gerakan kewirausahaan pemuda," tukasnya.

Karenanya program Wirausaha Pemuda ini tepat adanya. Apalagi Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek RI menyampaikan jika setiap tahunnya ada 1,4 juta lulusan diploma tiga hingga sarjana. 

Sumber: radartegal.disway.id