Nasabah Wajib Tahu! Begini Cara Supaya Pinjol Tidak Sebar Data Pribadi

Nasabah Wajib Tahu! Begini Cara Supaya Pinjol Tidak Sebar Data Pribadi

Cara supaya pinjol tidak sebar data pribadi--

RADAR TEGAL – Kini, kasus penyebaran data oleh pinjol ilegal sering terjadi dimasyarakat Indonesia. Berikut cara supaya pinjol tidak sebar data pribadi.

Diketahui, ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam Tobing mengingatkan kepada masyarakat untuk jangan mengizinkan platform mengakses data kontak pada HandPhone.

Menurutnya, data tersebut nantinya jadi kekuatan dari pinjol ilegal. Ia juga memastikan bahwa platform yang meminta data  kontak HP merupakan perusahaan yang tidak  resmi. Sebab,  platform resmi hanya mengakses tiga hal yakni kamera, suara, dan lokasi.

Jadi, apabila seseorang mengizinkan data kontak Hpnya diambil. Itu berarti bisa menjadi korban penyalahgunaan data pribadi.

Tidak hanya itu, Mereka juga bisa mendapatkan teror dan intimidasi.

Lalu, bagaimana cara Anda bisa melakukan peminjaman uang dengan aman tanpa khawatir data pribadi Anda tersebar?

BACA JUGA: Aman dan Cepat Cair, Intip Rekomendasi Pinjol Tanpa BI Checking Terbaru

3 Cara Supaya Pinjol Tidak Sebar Data Pribadi

1.      Ajukan pinjaman hanya pada pinjol resmi yang sudah berizin OJK

Tahukah Anda bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah membuat kewajiban bagi pinjol resmi untuk mematuhi segala kebijakan yang berhubungan dengan kepatuhan.

Salah satunya ykanu mengenai kebijakan data pengguna. Diketahui, pinjol resmi hanya berhak mengakses camera, lokasi, dan microphone pada  ponsel penggunanya.

Kemudian, untuk mencari tahu apa saja yang diakses oleh aplikasi pinjol Anda, maka Anda bisa terlebihdahulu mendownload dan install aplikasi.

Lalu, pilih menu pengaturan > aplikasi >  pilih aplikasi  pinjaman  > klik  menu “izin”, lalu Anda bisa melihat fitur yang diakses oleh aplikasi.

Nah, apabila aplikasi pinjaman Anda terbukti mengakses kontak Anda, maka Anda  perlu waspada.

Dengan Anda menghapus aplikasi yang sudah tebrukti  mengakses kontak, merupakan cara pencegahan ideal sebagai  cara  asupaya pinjol tidak  sebar data pribadi.

2.      Pahami syarat dan ketentuan sebelum melakukan pinjol

Cara selanjutnya yakni penting bagi Anda untuk mengetahui syarat dan ketentuan aplikasi pinjaman sebagai cara supaya pinjol tidak sebar data.

Jadi, sebelum Anda masuk pada halaman pengajuan pinjaman, maka Anda sebagai pengguna aplikasi pinjol akan diminta untuk menyetujui syarat dan ketentuan sebagai tanda bahwa pengguna sudah memahami dan menyanggupi kebijakan sebagai seorang peminjam.

Anda perlu, mengecek kembali apakah aplikasi pinjol pilihan Anda meminta  akses data kontak pengguna dan apa saja kebijakan yang telah diterapkan untuk akses data tersebut.

Apabila Anda sudah benar-benar memahami dan dirasa tidak memberatkan, maka Anda bisa menyetujuinya dan melanjutkan proses pengajuan pinjaman.

3.      Tepati pembayaran pinjaman sesuai tanggal jatuh tempo

Tahukah Anda bahwa baik pinjol resmi ataupun tidak resmi, keduanya mempunyai layanan pinjaman dan mengharuskan adanya pembayaran  pinjaman pada tanggal jatuh tempo.

Apabila Anda sudah terlanjut emnggunakan pinjol tida resmi, maka pahamilah bahwa salah satu risiko keterlambatan pembayaran pinjaman yakni penyebaran data pribadi.

Jadi, salah satu cara supaya pinjol tidak sebar data pribadi Anda yakni dengan menaati jadwal pembayaran pinjaman yang lemiputi bunga serta keterlambatan  pinjaman apabila ada, ya.

BACA JUGA: Intip Daftar Pinjol Tanpa KTP dan Cepat Cair Terbaru

Demikian ulasan mengenai cara supaya pinjol tidak sebar data pribadi. Semoga bermanfaat.***

Sumber: