6 Cara Anti Galbay Pinjol Legal atau Ilegal 2023, Gak Bakal Terjerat Hutang Deh!

6 Cara Anti Galbay Pinjol Legal atau Ilegal 2023, Gak Bakal Terjerat Hutang Deh!

6 cara anti galbay pinjol legal atau ilegal -freepik-

Mulai dari pokok hutang, suku bunga, tenor pembayaran, dan biaya denda atau biaya tambahan lainnya. Tidak luput juga dari persyaratan pengajuannya yang diminta seperti apa. Apakah harus ada jaminan, sampai dokumen-dokumen yang harus diunggah.

3) Batasi nominal peminjaman

Cara agar tidak galbay cicilan pinjol selanjutnya dengan membatasi jumlah pinjaman yang diajukan. Pastikan Anda mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda membayarnya nanti, sesuai dengan tenggat waktu yang sudah disepakati.

4) Gunakan platform atau jasa resmi OJK

Sesuai yang sudah disebutkan pada poin pertama, Anda sebaiknya mengajukan pinjaman pada jasa atau aplikasi yang sudah terdaftar di OJK. 

Hal ini untuk meminimalisir bentuk kerugian atau ancaman yang kemungkinan bisa menimpa Anda. Misalnya agar tidak ada penyebaran data pribadi tanpa izin, teror oleh pihak DC lapangan, dan sebagainya.

BACA JUGA : Kaum Galbay Wajib Simak 5 Cara Lunasi Hutang Pinjol agar Tidak Didatangi DC Lapangan, Begini Caranya

5) Buat anggaran

Cara paling efektif untuk menghindari gagal bayar pinjol berikutnya dengan mengatur keuangan Anda. Buatlah anggaran keuangan yang jelas, serta tentukan prioritas pengeluaran Anda. 

Cara ini bisa membantu Anda nantinya agar terhindar dari jeratan hutang pinjol legal maupun ilegal.

6) Konsultasi pada ahli keuangan

Cara selanjutnya agar Anda tidak terjebak hutang pinjol yaitu dengan berkonsultasi pada ahlinya. Jika Anda kesulitan dalam mengelola keuangan atau memiliki masalah dengan hutang, Anda bisa mencari saran dari ahli untuk jalan keluarnya.

Demikian 6 cara anti galbay pinjol legal atau ilegal yang bisa Anda terapkan. Selalu pertimbangkan dengan baik terlebih dahulu sebelum membuat pengajuan pinjaman online. (*)

 

Sumber: