Jika Tuntutan Formasi P3K tidak Terealisasi, Nakes Ancam Mogok Kerja

Jika Tuntutan Formasi P3K tidak Terealisasi, Nakes Ancam Mogok Kerja

Sejumlah nakes saat menggelar orasi di depan gedung DPRD Brebes meminta formasi P3K untuk Nakes tidak dihapus, Senin 25 September 2023.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Aksi demo menuntut formasi P3K untuk tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Brebes terjadi di depan Gedung DPRD setempat, Senin 25 September 2023. Para Nakes menuntut formasi P3K tahun ini dibuka. Jika tidak terealisasi, Nakes yang belum diangkat P3K bakal mogok kerja.

"Kami minta, ada formais P3K untuk nakes pda 2023 ini. Kami merasa terintimidasi dan kami merasa tidak diperhatikan," ungkap salah seorang nakes, Muhamad Ali Subhan.

Menurutnya, Pemkab Brebes dianggap telah ingkar janji terkait perekrutan PPPK 2023. Bahkan, jika formasi P3K untuk nakes terealisasi pihaknya akan mogok merja.

"Semula ada formasi 813 PPPK nakes, tapi ternyata dihilangkan. Ini sebagai bentuk diskriminasi dan jika tidak dikembalikan kami akan mogok," tukasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Brebes Ineke Tri Sulistyowaty mengatakan, pihaknya bersama Pj Bupati, DPRD Brebes dan perwakilan Nakes akan konsultasi ke Kemen PAN-RB. Hal ini, agar nakes masuk dalam formasi P3K 2023 di Kabupaten Brebes.

"Kita harus bersabar ya, karena upaya ini akna dilakukan besok. Dan harus optimis bisa membuahkan hasil yang baik untuk formasi nakes," ujarnya.

Meskipun para nakes menuntut kejelasan hari ini, kata dia, pihaknya belum bisa memberikn jawaban. Meski begitu, dia meyakini ada upaya yang lebih baik untuk solusi formais nakes. 

"Sehingga dalam hal ini, kami minta kepada teman-teman nakes di pelayanan puskesmas, rumah sakit atau lainnya untuk tetap bersabar. Percayakan upaya Pemkab Brebes dan perwakilan nakes besok membuahkan hasil agar formasi nakes bisa dibuka," pungkasnya. ***

Sumber: