Heboh! Bantuan Pasang Listrik Gratis Dipungut Rp250 Ribu-Rp300 Ribu, Korban Diduga Capai Ratusan

Heboh! Bantuan Pasang Listrik Gratis Dipungut Rp250 Ribu-Rp300 Ribu, Korban Diduga Capai Ratusan

MENDATA - Tim Investigasi dari Anggota Komisi IIV DPR RI mendata sejumlah warga miskin yang kena pungli petugas bantuan pasang listrik gratis. -EKO FIDIYANTO-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Bantuan pasang listrik gratis di Kabupaten Brebes tengah dikeluhkan. Pasalnya, bantuan yang seharusnya tanpa biaya itu justru dipungut biaya Rp250 ribu sampai Rp300 ribu oleh seorang oknum.

Oknum petugas pemasangan instalasi listrik baru untuk bantuan pasang listrik gratis itu berdalih untuk biaya transportasi. Mirisnya, pungutan liar alias pungli ini terjadi di 17 kecamatan di Kabupaten Brebes.

Padahal, jumlah total penerima bantuan pasang listrik gratis itu mencapai 1.200 rumah. Keluhan tersebut, salah satunya disampaikan Darpinah, warga miskin penerima Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) di Kecamatan Losari.

Darpinah mengaku, dirinya dan beberapa tetangga penerima bantuan pasang listrik gratis telah ditariki pungutan Rp250 ribu. Penarikan pungutan dilakukan oleh oknum petugas pemasangan instalasi listrik baru dan oknum perangkat desa setempat. 

BACA JUGA:Pemberian Bantuan Listrik dan Token Gratis Diperpanjang, Begini Cara Mendapatkannya

BACA JUGA:Polisi Bantu Tunut, Janda Miskin di Pemalang yang Tak Tersentuh Bantuan Pemerintah

Menurut dia, petugas menyampaikan bahwa uang itu adalah uang perjalanan. 

"Sebelum dipasang ada petugas yang ngomong begini, ini nanti ada pemasangan listrik gratis, nanti disiapkan uang Rp250 ribu. Nanti uangnya diberikan ke petugas," katanya, Minggu 24 September 2023.

Tarban, warga lain penerima bantuan pasang listrik gratis mengaku dirinya juga dimintai uang sebesar Rp250 ribu saat ada pemasangan instalasi listrik gratis. Dia diminta menyiapkan uang sebesar itu untuk diberikan kepada oknum petugas pemasangan instalasi listrik. 

Menurutnya, uang itu diberikan untuk biaya transportasi oknum petugas tersebut saat pelaksanaan pasang listrik gratis. 

"Iya dimintai uang Rp250 ribu. Katanya untuk biaya transportasi petugas yang masang," ungkap dia.

BACA JUGA:30 Bumil Kota Tegal Dapat Bantuan Program Penanganan Stunting PD Aisyiyah dan LazisMU

BACA JUGA:Tragis! Janda Miskin di Pemalang Ini Tak Tersentuh Bantuan Pemerintah, Anak Autis Dikucilkan Tetangga

Sumber: radartegal.disway.id