Tahapan Pemilu 2024 Didepan Mata, Polres Tegal Gembelng Kemampuan Dalmas Selama 2 Hari Berturut

Tahapan Pemilu 2024 Didepan Mata, Polres Tegal Gembelng Kemampuan Dalmas Selama 2 Hari Berturut

Pengemblengan personel Dalmas yang dilakukan Sat Samapta Polres Tegal jelang tahapan Pemilu 2024.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Polres Tegal gembleng kemampuan Dalmas jelang dimulainya tahapan Pemilu 2024.

Satuan Samapta Polres Tegal merutinkan pelatihan peningkatan kemampuan mengendalikan massa dengan eskalasi anarkis untuk menghadapi tahapan Pemilu 2024 yang akan mulai tidak lama lagi.

Penggemblengan Dalmas Polres Tegal untuk pemilihan umum 2024 dipusatkan di halaman Mapolres selama 2 hari berturut, 22-23 September 2023.

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK melalui  Kasat Samapta AKP Surahno SH MH menyatakan, pihaknya mengembleng 2 Peleton Dalmas lanjutan Satsamapta Polres Tegal jelang dimulainya tahapan Pemilu 2024.

BACA JUGA:Antisipasi Gangguan Pemilu 2024, Kejari Kabupaten Tegal Buka Posko

BACA JUGA:Bawaslu Brebes Gembleng Pengurus Parpol Soal Penyelesaian Sengketa Pemilu

"Hal ini sebagai bekal anggota dalam menghadapi situasi tahapan pemilu dari eskalasi kondusif sampai dengan eskalasi anarkis sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujarnya Sabtu 23 September 2023.

Latihan Dalmas Pemilu 2024

Latihan, Lanjut Surahno, dimulai dari tahap negosiasi oleh regu negosiator. Dimana massa yang masih kondusif diimbau tetap tertib dalam menyampaikan aspirasinya, serta tidak merusak lingkungan maupun bersikap anarkis. 

"Kemudian simulasi dilanjutkan pada tahap eskalasi anarkis berupa pembentukan formasi kompi Dalmas lanjutan bersaf, peleton raimas, peleton pendukung, kendaraan komando. Beserta penggunaan perlengkapan seperti tali Dalmas, tameng pelindung, tongkat Polri, dan senjata gas air mata," cetusnya.

Dalam simulasi, massa yang anarkis dibubarkan secara bertahap dengan berpedoman pada Peraturan Kapolri Nomor 1 tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan Dan Tindakan Kepolisian. 

BACA JUGA:Kolaborasi TNI-Polri dan Instansi Terkait Siap Amankan Jalannya Pemilu 2024 di Kota Tegal

BACA JUGA:Pemilu 2024, Babinsa Kodim Tegal Diwanti-wanti Tidak Berpolitik: Itu Perintah Langsung!

Kali ini Aipda Andri Adi SH, Kanit 2 Dalmas Satmapta menjadi Intrsuktur Dalmas berbekal kompetensi PHH (Pasukan Huru-Hara) dari Pusdikbrimob Lemdiklat Polri Watukosek, dibawah bimbingan langsung Kapolres Tegal dan Kasatsamapta, melatihkan tahapan penggunaan kekuatan Polri.

Sumber: