4 Risiko Pinjol Ilegal dan Cara Menghindarinya, Jangan Mudah Tergiur dengan Syarat Mudah Cepat Cair

4 Risiko Pinjol Ilegal dan Cara Menghindarinya, Jangan Mudah Tergiur dengan Syarat Mudah Cepat Cair

4 risiko pinjol ilegal dan cara menghindarinya -freepik-

3) Penagihan yang agresif

Risiko yang akan dialami jika meminjam di platform pinjol ilegal adalah praktik penagihan hutang yang begitu agresif dan tidak etis.

Biasanya, pihak pinjol ilegal menggunakan metode penagihan dengan cara mengintimidasi, mengancam, hingga melakukan hal-hal yang tidak manusiawi.

4) Tidak ada perlindungan konsumen

Pinjol yang belum resmi OJK bisa memiliki risiko besar untuk debiturnya, khususnya soal perlindungan konsumen yang tidak sesuai regulasi semestinya.

Jika ada masalah dengan pinjaman, kemungkinan si debitur tidak memiliki mekanisme hukum yang efektif untuk melindungi si debitur dari hal-hal negatif yang kemungkinan terjadi.

Cara menghindari 

Jika Anda tidak ingin mengalami risiko pinjol ilegal, berikut untuk cara menghindari pinjol ilegal yang marak mengincar.

BACA JUGA : 5 Pinjol Bunga Rendah Cepat Acc Tanpa BI Checking 2023, Limit Rp50 Juta Cair Hitungan Menit

1) Periksa legalitas pinjol di OJK

Cara menghindari agar tidak terjerat pinjol ilegal dengan mengecek legalitas izin mereka di OJK. Anda bisa mengakses situs resmi OJK atau kontak WhatsApp OJK untuk mengetahui apakah nama pinjol yang bersangkutan sudah terdaftar atau belum.

2) Perhatikan dengan baik aplikasi dan developernya

Kini banyak platform pinjol yang bisa Anda unduh secara gratis di Play Store maupun App Store. Penting untuk Anda perhatikan reputasi aplikasi dan developer yang mengembangkan platform tersebut, entah lewat ulasan para pengguna maupun lainnya.

3) Baca teliti syarat kebijakan sebelum mengajukan

Cara menghindari pinjol ilegal yaitu dengan memperhatikan juga persyaratan dan ketentuan yang mereka tetapkan. 

Sumber: