Ternyata Ini Penyebab Starter Motor Mati Tidak Bisa Menyala, Begini Cara Memperbaikinya: Pemula Pasti Bisa!

Ternyata Ini Penyebab Starter Motor Mati Tidak Bisa Menyala, Begini Cara Memperbaikinya: Pemula Pasti Bisa!

Ternyata Ini Penyebab Starter Motor Mati Tidak Bisa Menyala, Begini Cara Memperbaikinya: Pemula Pasti Bisa!--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

2. Periksa rangkaian starter

Jika tegangan aki normal, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa rangkaian starter. Pemeriksaan rangkaian starter dapat dilakukan dengan menggunakan multitester untuk memeriksa kontinuitas kabel starter. Jika ada kabel yang putus atau korsleting, maka kabel tersebut harus diganti.

3. Periksa solenoid starter

Jika rangkaian starter tidak ada masalah, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa solenoid starter. Solenoid starter merupakan komponen yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik ke kumparan starter.

Untuk memeriksa solenoid starter, tekan tombol starter. Jika terdengar bunyi cetekan, maka solenoid starter berfungsi dengan baik. Namun, jika tidak terdengar bunyi cetekan, maka solenoid starter harus diganti.

4. Periksa kumparan starter

Jika solenoid starter berfungsi dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa kumparan starter. Kumparan starter merupakan komponen yang berfungsi untuk menghasilkan energi putar.

Untuk memeriksa kumparan starter, dapat dilakukan dengan cara membongkar starter motor. Setelah starter motor dibongkar, periksa kumparan starter apakah ada yang terbakar atau rusak. Jika ada yang terbakar atau rusak, maka kumparan starter harus diganti.

Berikut adalah langkah-langkah pemeriksaan kumparan starter:

  • Bongkar starter motor.
  • Lepaskan kumparan starter dari starter motor.
  • Periksa kumparan starter apakah ada yang terbakar atau rusak.
  • Jika ada yang terbakar atau rusak, maka kumparan starter harus diganti.

BACA JUGA:3 Tips Ampuh agar Performa Mobil Daihatsu Tetap Ngacir, Bisa Hemat Bahan Bakar dan Ramah Lingkungan

BACA JUGA:3 Keunggulan Daihatsu Sigra 1.0 Dinilai Jauh Lebih Baik Dibanding Varian 1.2, Lebih Irit BBM Karena Ini..

Tips Merawat Starter Motor

Nah untuk mencegah permasalahan diatas, anda sebagai pengguna motor yang bijak dapat menerapkan 5 tips mewat starter pada motor ini agar awet dan tahan lama.

1. Memeriksa Aki motor secara rutin

2. Jangan paksakan starter bekerja terlalu lama

Sumber: