Ternyata Ini Penyebab Starter Motor Mati Tidak Bisa Menyala, Begini Cara Memperbaikinya: Pemula Pasti Bisa!

Ternyata Ini Penyebab Starter Motor Mati Tidak Bisa Menyala, Begini Cara Memperbaikinya: Pemula Pasti Bisa!

Ternyata Ini Penyebab Starter Motor Mati Tidak Bisa Menyala, Begini Cara Memperbaikinya: Pemula Pasti Bisa!--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

Jika sekering putus, pengendara harus menggantinya dengan yang baru. Namun, jika sekering putus kembali dalam waktu singkat, kemungkinan besar penyebabnya adalah korsleting.

Biasanya, kabel yang terbakar terletak di area yang mengalami korsleting. Namun, tidak selalu kabel akan terbakar jika pengendara langsung memperbaiki sekering yang putus.

Koneksi yang tidak kuat dapat menyebabkan kabel menjadi gosong, terutama pada konektor starter. Hal ini disebabkan baut kabel starter yang kurang kencang, sehingga elektron dapat meloncat ke area yang tidak kencang tersebut.

BACA JUGA:3 Poin Penting Membeli Asuransi Mobil yang Paling Tepat, Jangan Asal Pilih!

BACA JUGA:Mudah Banget, Begini Cara Merawat Mobil Innova Diesel Supaya Tetap Awet

3. Koil Starter Rusak

Starter motor terdiri dari dua komponen utama, yaitu kumparan putar (arkature coil) dan komutator. Kedua komponen ini bekerja sama untuk menghasilkan medan magnet yang kemudian diubah menjadi energi putar.

 

Kumparan starter dapat mengalami kerusakan, baik karena faktor usia maupun penggunaan yang tidak tepat.

Jika kumparan starter rusak, langkah perbaikannya umumnya dapat dilakukan oleh tukang dinamo. Namun, jika kerusakannya cukup parah atau terlihat bekas terbakar, kumparan starter harus segera diganti.

Cara Memperbaki Starter Motor Mati

Nah setelah memahami beberapa hal yang dapat menyebabkan starter pada motor tidak berfungsi atau mati, maka selanjutnya anda dapat mencoba cara ini untuk memperbaikinya.

Berikut caranya:

1. Pastikan kelistrikan kendaraan aman

Langkah pertama adalah memastikan bahwa kelistrikan kendaraan aman. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan multitester untuk memeriksa tegangan pada aki. Jika tegangan aki kurang dari 12 volt, maka aki harus diisi ulang atau diganti.

Sumber: