Ternyata Ini Penyebab Starter Motor Mati Tidak Bisa Menyala, Begini Cara Memperbaikinya: Pemula Pasti Bisa!

Ternyata Ini Penyebab Starter Motor Mati Tidak Bisa Menyala, Begini Cara Memperbaikinya: Pemula Pasti Bisa!

Ternyata Ini Penyebab Starter Motor Mati Tidak Bisa Menyala, Begini Cara Memperbaikinya: Pemula Pasti Bisa!--Picture Edit By Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Ternyata beberapa hal ini menjadi biang kerok kenapa starter motor mati tidak dapat berfungsi.

Seringkali starter pada motor akan mati jika usia motor sudah tua. Apalagi jika terlalu sering memakai starter motor sebelum dipanaskan.

Starter juga menjadi alternatif menyalakan sepeda motor selain menggunakan engkol motor. Adapun menyalakan motor dengan menggunakan engkol motor sebelum menggunakan starter motor dapat membuat starter awet dan tahan lama.

Nah untuk memperbaiki masalah starter motor mati pada kendaraan anda. Simak terus artikel ini sampai habis yah.

BACA JUGA:Mesin Mobil Toyota Rush Kamu Sering Mati Mendadak? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Ini Dia Spesifikasi dan Simulasi Kredit Yamaha Grand Filano Terbaru untuk September 2023

Beberapa Hal yang Menjadi Penyebab Starter Motor Mati

Namun sebelum berfokus ke pembahasan utama kita, mari memahami terlebih dahulu hal-hal yang menjadi penyebab starter motor mati.

1. Sekering Teputus

Sekering atau fuse merupakan komponen elektronik yang berfungsi sebagai pengaman rangkaian arus listrik. Fuse bekerja dengan cara memutuskan arus listrik jika arus listrik yang mengalir melebihi batas yang ditentukan.

Fuse starter sendiri umumnya memiliki nilai 20 ampere. Jika arus listrik yang mengalir melebihi 20 ampere, fuse akan putus.

Jika fuse putus, jangan langsung menggantinya. Hal ini dikarenakan gejala fuse putus dapat menunjukkan adanya masalah pada rangkaian starter, seperti korsleting.

2. Kabel Starter Terbakar

Selain karena sekering yang putus, masalah lain yang dapat menyebabkan starter motor mati adalah korsleting. Korsleting dapat menyebabkan kabel starter terbakar.

Sumber: