Total Hadiah Rp1 Miliar, Juara 1 Lomba Merpati Kolong Padel Presiden Cup Diraih Warga Tegalsari

Total Hadiah Rp1 Miliar, Juara 1 Lomba Merpati Kolong Padel Presiden Cup Diraih Warga Tegalsari

HADIAH - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah RI Teten Masduki menyerahkan hadiah kepada pemenang juara 1 Lomba Merpati Kolong Padel, Minggu 17 September 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

Menurut Umi, dari pada masyarakat memiliki hobi tapi tidak tersalurkan dan pada akhirnya malah terjerumus ke hal negatif atau tidak bagus, maka ebih baik bermain burung merpati. 

"Menurut informasi yang saya terima, ada tim yang berada di lokasi dan bermalam sudah sekitar dua bulan sebelum pertandingan berlangsung. Sehingga menurut saya, even seperti Lomba Merpati Kolong Padel ini potensi yang sangat menjanjikan bagi masyarakat Kabupaten Tegal. Mengingat semuanya terkena dampak positif, seperti pedagang bisa berjualan, transportasi, penginapan, dan lain sebagainya," imbuh Umi. 

Ketua Panitia Lomba Merpati Kolong Padel Presiden Cup Ibnu Baladi mengungkapkan, jumlah peserta pada kejuaraan tersebut sekitar 1.000 orang. Antusiasme para peserta sangat luar biasa. 

Menurut Ibnu, terkait dengan istilah Presiden Cup ini, sebenarnya tidak ada hubungannya dengan kepala negara atau sebagainya. Namun tema tersebut diambil karena melihat even burung kicau ada Presiden Cup sehingga komunitas merpati memiliki ide membuat even dengan nama yang sama. 

BACA JUGA:Lomba Kota Sehat, Tim Juri Kagum dengan Inovasi Bank Sampah Marga Jaya Rindang Kota Tegal

BACA JUGA:Eksplor Cacaban, 100 Lebih Pengusaha Kabupaten Tegal Gelar Lomba Agustusan di Tepi Waduk

Diharapkan, Lomba Merpati Kolong Padel ini bisa mendapat pengakuan lebih baik ke depannya. Bahkan, Ibnu mengklaim, Lomba Merpati Kolong Padel berhadiah total Rp1 miliar ini baru kali pertama diselenggarakan di Indonesia. 

Sedangkan hadiah Rp1 miliar ini adalah total keseluruhan yang diberikan kepada pemenang, karena bakal memperebutkan juara 1 sampai 20. 

"Asal peserta beragam, ada yang paling jauh dari Jambi, Palembang, Lampung, Banten, Tangerang, DKI Jakarta, Bekasi, Karawang, Tegal, Brebes, Pekalongan, Purwokerto, Temanggung, Wonosobo, Yogyakarta, Semarang dan Solo," kata Ibnu menambahkan. 

Peraih juara 1, Ryan Hendriawan mengatakan, Burung Merpati yang berhasil menumbangkan ribuan peserta lainnya bernama Rubicon. Burung ini tergabung dalam Tim Mutiara yang berasal dari Jalan Bawal Tegalsari Kota Tegal.

BACA JUGA:1.400 Santri Brebes Berkumpul di Tuk Sirah Pemali Paguyangan, Ada Apa ya?

BACA JUGA:World Cleanup Day 2023, Warga LDII Kabupaten Tegal Gelar Aksi Kebersihan Lingkungan Masjid

Menurut Ryan, rahasia atau kunci bisa tembus menjadi juara 1 yakni karena ada kekompakan pada timnya. Selain kekompakan tim, juga didukung proses latihan yang cukup lama yaitu sekitar 9 bulan. 

Sebelum menjuarai lomba ini, Burung Merpati Rubicon juga pernah menjadi juara satu lomba di Lapak Brebes Timur (Brexit). Pada saat itu, hadiah uang tunai yang diperoleh sebesar Rp25 juta. 

"Jujur, hadiah pada even Lomba Merpati Kolong Padel Presiden Cup kali ini nominal paling besar yang pernah kami terima yakni Rp525 juta. Selain hadiah uang tunai, kami juga menerima piala yang beratnya cukup lumayan," kata Ryan. 

Sumber: radartegal.disway.id