Ditarget 1,2 Juta, Perekaman KTP-el di Kabupaten Tegal Sudah 98 Persen

Ditarget 1,2 Juta, Perekaman KTP-el di Kabupaten Tegal Sudah 98 Persen

PEREKAMAN - Kabid Dafduk Dinas Dukcapil mencermati persentase percepatan perekaman KTP-el.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Langkah menyelesaikan target perekaman KTP-el atau Kartu Tanda Penduduk Elektronik di Kabupaten Tegal terus dilakukan. Dari target 1,2 juta, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), sudah berhasil melakukan perekaman 98 persen.

"Saat ini tinggal tersisa sekitar 7000 usia wajib KTP-el yang belum melakukan perekaman. Mereka tercantum usia wajib KTP-el  di kartu keluarga namun yang bersangkutan tidak sekolah. Kami akan tetap melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah desa agar bisa mengakomodir data  wajib KTPel yang tidak sekolah," ujar Kepala Dinas Dikcapil Tri Guntoro Kabupaten Tegal melalui Kabid Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Sodik, Senin 18 September 2023.

Diakuinya, upaya percepatan perekaman KTP-el terus dilakukan terutama memasuki tahun politik. Untuk program wajib KTP-el  dengan bidikan pelajar SMK dan SMA di Kabupaten Tegal sudah berhasil diselesaikan. 

Sementara untuk program Identitas Kependudukan Digital (IKD), terdapat penurunan target di tingkat nasional yang  sebelumnya dipatok 25 persen saat ini turun menjadi 15 persen. 

BACA JUGA:Perekaman KTP Elektronik Pemilih Pemula Kota Tegal Dimulai, Disdukcapil Target Oktober Selesai

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, Disdukcapil Kabupaten Tegal Blusukan Rekam KTP Elektronik Pemilih Pemula di Sekolah

Untuk program IKD Kabupaten Tegal sendiri hingga saat ini baru mencapai 2,5 persen. Hal ini dipicu motivasi maupun respon masyarakat masih sangat kurang. 

"Terhitung sejak sepekan terakhir, untuk layanan cetak KTP-el di kantor pusat kami layani dulu untuk program IKD-nya. Hal itu termasuk pada pengurusan akte kelahiran dan lainnya kami wajibkan pemohon untuk mengikuti program IKD dulu khususnya pada pemohon yang hari itu membawa ponsel android," tandasnya.

Untuk percepatan target program IKD, pihaknya juga akan menempuh langkah jemput bola. Mengingat hingga saat ini  kesadaran OPD juga masih rendah untuk mengikuti progam tersebut. 

"Khusus menghadapi pesta demokrasi pemilu, kami akan hadir melakukan upaya jemput bola bila ada permintaan perekaman KTP-el di tingkat desa, dan organisasi kemasyarakatan lainnya," jelasnya. 

BACA JUGA:Dua Kata Nama di KTP Elektronik Hanya Imbauan, Dirjen Dukcapil: untuk Memudahkan Pelayanan Publik Lainnya

BACA JUGA:Silakan Urus KTP Elektronik Anda, Stok Blanko Dijamin Aman dan Pelayananya pun Cepat

Menurutnya, dukungan peralatan perekaman KTP-el sudah ada meskipun belum terpenuhi secara keseluruhan. 

"Termasuk menghadapi pilkades serentak seperti saat ini, rumah paten kecamatan banyak yang sudah merampungkan perekaman KTP-el dan siap cetak," ungkapnya.

Sumber: radartegal.disway.id