Silakan Urus KTP Elektronik Anda, Stok Blanko Dijamin Aman dan Pelayananya pun Cepat

Silakan Urus KTP Elektronik Anda, Stok Blanko Dijamin Aman dan Pelayananya pun Cepat

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tegal memastikan jumlah ketersediaan blanko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Kabupaten Tegal masih aman.

Hal ini disebabkan Disdukcapil tidak lagi mengirim blangko ke rumah paten di masing-masing kecamatan. Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Disdukcapil Kabupaten Tegal, Sodik mengatakan sejak 17 Januari 2022 Disdukcapil tidak lagi memberikan jatah blanko ke rumah pelayanan administrasi terpadu kecamatan (paten).

Langkah tersebut dilakukan untuk mengarahkan masyarakat agar terbiasa memanfaatkan layanan daring. "Untuk warga yang belum terbiasa atau belum bisa memakai fitur daring ini, petugas kami siap membantu membimbing dan mengarahkan," katanya. 

Warga bisa melihat ketersediaan jumlah blanko KTP-el di Kabupaten Tegal, tambah Sodik, dengan mengeceknya di laman adminduk.jatengprov.go.id. Dan soal implementasi program Lahir Olih Akta Kelahiran karo KK plus KIA (LOAKK Plus).

Menurutnya, program itu hingga kini masih berjalan. Meski demikian, Sodik tak menampik jika layanan LOAKK Plus pada sejumlah fasilitas layanan kesehatan ini belum bisa dirasakan sepenuhnya oleh masyarakat Kabupaten Tegal.

"Tahun lalu, program LOAKK Plus ini memang hanya bisa diaplikasikan di beberapa Puskesmas saja," tambahnya. 

Untuk tahun ini, lanjut Sodik, ditargetkan program itu sudah bisa berjalan di semua Puskesmas dan beberapa klinik kesehatan yang bekerjasama dengan Pemkab Tegal, termasuk satu klinik yang ada di Kota Tegal karena memang kebanyakan pasiennya warga Kabupaten Tegal.

Saat ini, rumah paten masih tetap memberikan pelayanan reguler seperti pengurusan kartu keluarga (KK) dan kartu identitas anak (KIA) melalui sistem informasi registrasi penduduk (SIReP) serta dokumen kependudukan lainnya. 

Rumah Paten yang berada di kecamatan sampai sekarang masih tetap beroperasi. (guh/zul)

Sumber: