Jelang Pemilu 2024, Disdukcapil Kabupaten Tegal Blusukan Rekam KTP Elektronik Pemilih Pemula di Sekolah

Jelang Pemilu 2024, Disdukcapil Kabupaten Tegal Blusukan Rekam KTP Elektronik Pemilih Pemula di Sekolah

Petugas Disdukcapil Kabupaten Tegal melakukan perekaman KTP-el di sekolah-sekolah untuk menyukseskan Pemilu 2024 mendatang.-Yeri Noveli-

PANGKAH, RADARTEGAL.COM - Guna menyukseskan Pemilu 2024 mendatang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tegal melakukan jemput bola perekaman KTP elektronik (KTP-el). 

Petugas Disdukcapil blusukan melakukan perekaman dengan sasaran pemilih pemula di sekolah-sekolah.

Seperti tampak di SMK Peristek Pangkah pada Rabu 23 November 2022. Petugas Disdukcapil melakukan perekaman KTP-el untuk para siswa yang sudah memenuhi syarat.

BACA JUGA:Mayat Perempuan Misterius di Sungai Kemiri Tegal Berbaju Coklat Muda, Berusia 45 Tahun, Tingginya 155 Cm

Kepala Disdukcapil Kabupaten Tegal Tri Guntoro mengatakan, perekaman ini diprioritaskan bagi pelajar yang sudah berusia 16 tahun ke atas. 

Selain itu, para pelajar wajib membawa kartu keluarga (KK). Bagi pelajar yang sudah pernah melakukan perekaman, maka tidak perlu mengikutinya lagi.

"Perekaman KTP-el ini gratis. Tanpa dipungut biaya," kata Tri Guntoro.

Kepala SMK Peristek Pangkah, Mukhamad Nurmu'min mengatakan, para pelajar yang mengikuti perekaman ini mayoritas siswa kelas 11 dan 12. 

BACA JUGA:Mayat Perempuan Misterius Ditemukan Mengambang di Sungai Kemiri Tegal

Namun, ada juga beberapa siswa kelas 10 yang usianya di atas 16 tahun. Dia menyebut, dari 378 siswa, yang memenuhi syarat mengikuti perekaman hanya 78 anak. 

Hal itu lantaran sebagian siswa alamatnya bukan dari Kabupaten Tegal. "Setelah direkam, nantinya mereka bisa mendapatkan KTP elektronik," ucapnya.

Dia menyatakan, perekaman ini berjalan lancar. Perekaman dipusatkan di lingkungan sekolah. Adapun petugas pendataan adminduk berasal dari kantor Disdukcapil Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:RSUD Kardinah dan IPSM Kota Tegal Salurkan 2 Kuintal Beras untuk Korban Gempa Cianjur

Sumber: