Baznas Kabupaten Tegal Gelontorkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Kebakaran

Baznas Kabupaten Tegal Gelontorkan Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Kebakaran

Waka II bidang pendistribusian dan pendayagunaan Baznas Kabupaten Tegal memberikan bantuan kemanusiaan disaksikan Bupati Tegal dan Kalak BPBD.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Baznas Kabupaten Tegal menggelontorkan bantuan melalui program kemanusiaan darurat kebencanaan untuk korban kebakaran.

Masing-masing, korban terbakarnya dua rumah milik warga Desa Argatawang RT 08/ RW 02 Kecamatan Jatinegara dan rumah milik warga Desa Dukuhjati Kidul RT 04/ RW 04 Kecamatan Pangkah.

Pemberian bantuan tersebut turut disaksikan Bupati Tegal Umi Azizah dan Kalak BPBD Elliya Hidayah di lokasi kejadian. 

Kepala Kantor Baznas Kabupaten Tegal H Alfin Mubarok didampingi bagian pendistribusian dan pendayagunaan Ade Basari menyatakan, bantuan darurat kebencanaan program kemanusiaan tersebut diserahkan Waka II bidang pendistribusian dan pendayagunaan H Nurul Huda. 

BACA JUGA:Bertugas Inspeksi Pelayanan Publik, Kapolres Tegal Bentuk Tim Pengawas

BACA JUGA:Mendadak Mundur, Kades Wangandawa Harsoyo Milih Jadi Notaris Setelah 16 Tahun Menjabat

"Besaran bantuan program kemanusiaan darurat kebencanaan bervariasi. Untuk korban yang rumahnya terbakar di Desa Argatawang masing masing atas nama korban pasutri Wahdi dan Saripah kita berikan bantuan sebesar Rp4.000.000. Dan korban pastutri Abdul Halim dan Kopiah kita bantu senilai Rp6.000.000," ujarnya Rabu 13 September 2023.

Sementara untuk korban yang rumahnya terbakar di Desa Dukuhjati Kidul Kecamatan Pangkah, Baznas Kabupaten Tegal memberikan bantuan uang sebesar Rp5.000.000 yang diserahkan kepada pemilik rumah Cairul Sidik. 

"Program kemanusiaan darurat kebencanaan selama musim kemarau seperti saat ini juga kami lakukan melalui aksi pemberian bantuan air bersih 10 tangki yang kami arahkan untuk warga Desa Tanjungsari Kecamatan Jatinegara. Dan saat musibah banjir seperti yang sering kali terjadi diwilayah Suradadi Baznas juga ambil bagian," cetusnya.

Tidak hanya berkutat di program kemanusiaan, Baznas Kabupaten Tegal juga bergerak di program pendidikan dimana telah digelontrokan bantuan senilai Rp400 juta untuk santunan biaya hidup siswa SMP se Kabupaten Tegal. 

BACA JUGA:73 PNS Kabupaten Tegal Pensiun, Bisnis Baru di Masa Purna Jadi Peluang Usaha

BACA JUGA:Ditarget Rp3,9 Miliar, Retribusi Daerah Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Melonjak Drastis

"Hal ini sesuai dengan Asnaf (golongan orang yang berhak menerima zakat) adalah yang fakir dan miskin. Di program kesehatan kami juga memberikan bantuan tunggakan pasien yang dirawat di rumah sakit dari keluarga kurang mampu," ungkapnya.

Sementara itu dibidang ekonomi, Baznas Kabupaten Tegal berkesempatan memberikan bantuan pelatihan usaha, dan dibidang dakwah advokasi memberikan bantuan untuk kesejahteraan para ustadz se Kabupaten Tegal. *

Sumber: