Capai 10 Ribu Ton, Stok Beras Bulog Aman Meski Kabupaten Tegal Terdampak Fenomena El Nino

Capai 10 Ribu Ton, Stok Beras Bulog Aman Meski Kabupaten Tegal Terdampak Fenomena El Nino

CEK KUALITAS - Kepala Bulog Cabang Pekalongan Wahyu Tri Utomo cek kualitas beras yang akan dibagikan ke masyarakat di Gudang Bulog Kedungkelor, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal, Selasa 12 September 2023. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Musim kemarau panjang yang melanda wilayah Kabupaten Tegal sebagai dampak fenomena El Nino ternyata tidak mempengaruhi stok beras Bulog Cabang Pekalongan. Bahkan, stok beras di gudang terbilang surplus.

Stok beras untuk wilayah Kabupaten Tegal yang dikelola di Gudang Bulog Munjungagung jumlahnya mencapai sekitar 10 ribu ton. Hal tersebut seperti disampaikan Kepala Bulog Cabang Pekalongan Wahyu Tri Utomo saat ditemui di Gudang Bulog Kedungkelor Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal, Selasa 12 September 2023.

Dia menjelaskan, Bulog Cabang Pekalongan ini membawahi wilayah dari Kabupaten Brebes hingga Kabupaten Batang. Tercatat, stok beras Bulog sebanyak 28 ribu ton.

Sementara kebutuhan beras Bulog untuk bantuan pangan sekitar 21 ribu ton, sehingga masih surplus sekitar 7 ribu ton. 

BACA JUGA:Asyik! Bansos Beras 10 Kg di Brebes Sudah Mulai Cair

BACA JUGA:Harga Beras Naik di Pasaran, Ini yang Dilakukan Bulog Pekalongan

“Bahkan, kami masih bisa untuk menyalurkan program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP),” kata Wahyu. 

"Jadi, kita masih surplus untuk memenuhi kebutuhan bantuan pangan,” ucapnya.

Wahyu tak menampik, walau stok beras Bulog aman, kenaikan harga beras tetap terjadi. Saat ditanya soal penyebab kenaikan harga beras, pihaknya mengakui belum bisa menyimpulkan. 

Bahkan, saat ditanya apakah ada mafia beras, Wahyu enggan menjawab. 

BACA JUGA:Atasi Inflasi dari Hulu ke Hilir, Ganjar Gandeng Bulog dan Polda Jateng

BACA JUGA:Tahun Kedua, Pemkab Brebes dan Bulog Teken MoU Program Sergap

“Salah satunya mungkin karena dampak El Nino, tapi kami sudah antisipasi dengan stok beras yang cukup untuk kebutuhan masyarakat,” ujarnya. 

Dia menyatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan menyalurkan bantuan pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) kepada masyarakat Kabupaten Tegal. Bantuan beras Bulog gratis bagi masyarakat kurang mampu sebanyak 10 kilogram per penerima manfaat. 

Sumber: radartegal.disway.id