Asyik! Bansos Beras 10 Kg di Brebes Sudah Mulai Cair

Asyik! Bansos Beras 10 Kg di Brebes Sudah Mulai Cair

Penerima manfaat bantuan sosial beras saat berfoto bersama dengan Kepala Perum Bulog Cabang Pekalongan Ramadin Ruding dan Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin, Selasa, 12 September 2023.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Bantuan Sosial (Bansos) beras 10 kilogram (Kg) di Kabupaten Brebes mulai cair. Selasa, 12 September 2023 bekerjasama dengan Pemkab Brebes, Perum Bulog Cabang Pekalongan menyalurkan bantuan pangan berupa beras secara simbolis di Desa Bulakamba, Kecamatan Bulakamba.

"Penyaluran bantuan pangan berupa beras ke Penerima Bantuan Pangan (PBP) wilayah Brebes sudah mulai disalurkan," ujar Kepala Perum Bulog Cabang Pekalongan Ramadin Ruding usai penyaluran bantuan pangan berupa beras, Selasa 12 September 2023.

Seperti diketahui, bantuan pangan tersebut merupakan bantuan dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) yang disalurkan melalui Perum Bulog.

Ramadin mengungkapkan, penyaluran bantuan ini tidak lain lantaran harga beras yang cenderung naik. Makanya oleh pemerintah mengambil sikap menyalurkan bantuan pangan ini.

"Konsepnya bantuan pangan ini di awal akan disalurkan Oktober, November dan Desember. Tapi karena harga terus naik, jadi dimajukan menjadi, September, Oktober dan November," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, dia juga menyampaikan kalau stok beras di Perum Bulog Cabang Pekalongan masih banyak. Yakni, kurang lebih ada 28 ribu ton beras. Sedangkan wilayah operasional yang meliputi Eks Karesidenan Pekalongan sekali penyaluran sebanyak 7 ribu ton. 

"Jadi kalau untuk alokasi tiga kali penyalurab itu sebanyak 21 ribu ton. Jadi stok yang masih ada sisa sebanyak 7 ribu ton," ungkapnya.

Sementar itu, Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin menyebutkan, total penerima manfaat bansos beras di Brebes mencapai 223.943 penerima. Jumlah tersebut tersebar di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes.

"Bantuan ini akan disalurkan hingga 25 September 2023 mendatang. Dan bulan depan akan kembali dipersiapkan untuk aloksi kedua. Dengan jumlah, mudah-mudahan tidak berkurang," pungkasnya.***

 

Sumber: